Event

Qasir.id Dorong Nelayan Indonesia Menuju Digital melalui Palapa Ring Techno Festival

By putri • 20 Mar 2019

Palapa Ring adalah proyek infrastruktur telekomunikasi Kominfo yang membangun jaringan serat optik guna menjangkau seluruh daerah Indonesia. Jaringan ini nantinya akan menjadi tumpuan semua penyelenggara telekomunikasi dan pengguna jasa telekomunikasi di Indonesia, dan  terintegrasi dengan jaringan yang telah ada.

Keberadaan Palapa Ring secara mendasar bertujuan memperkuat Kedaulatan Negara  dan Ketahanan Nasional melalui ketersediaan infrastruktur telekomunikasi. Selain itu,  juga bertujuan mempercepat akselerasi pertumbuhan serta pemerataan pembangunan sosial ekonomi .

Melalui tersedianya jaringan telekomunikasi  yang berkapasitas besar ini,  jaminan kualitas internet dan komunikasi yang berkualitas tinggi, aman, dan--tak kalah penting--murah bagi  rakyat Indonesia pun akan dapat segera terwujud. Tidak  terkecuali  bagi mereka  yang berada di titik terdepan, terluar dan tertinggal (3T).

--

Qasir.id hadir sebagai  aplikasi asli hasil karya putra bangsa dengan sepenuh hati berkomitmen mendukung semua bidang usaha termasuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan nelayan. Ini sejalan dengan semangat  pembangunan infrastruktur Palapa Ring untuk lebih mendorong  UMKM seluruh Indonesia menuju UMKM digital.

Qasir.id pun dipercaya oleh Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) untuk turut  berkontribusi  dalam memperkenalkan pemanfaatan teknologi dalam meningkatkan produktivitas para nelayan di Natuna, Kepulauan Riau, Pada 20 Maret 2019.

Pada festival ini Qasir.id juga berkesempatan memperagakan penggunaan aplikasi Qasir pada para nelayan di Natuna.

Dengan menggunakan aplikasi Qasir, para nelayan akan lebih  dimudahkan dalam urusan mencatat stok, menetapkan harga,  hingga menjual hasil tangkapan. Selain itu para nelayan juga bisa memantau  omset serta keuntungan dari hasil kerja kerasnya secara berkala.  Semua fungsi ini terintegrasi  dalam satu sistem pencatatan digital yang rapi, namun tetap mudah dipergunakan.

Pakai Qasir, nelayan pun bisa nyengir.