Inspirasi

Ini Dia 6 Bisnis yang Cocok untuk Kamu yang Berusia 20-an

18 Apr 2021, Ditulis oleh Bentangku

Ini Dia 6 Bisnis yang Cocok untuk Kamu yang Berusia 20-an

Lagi ramai narasi kalau usia 20 tahunan harus udah punya uang 100 juta rupiah, karir bagus, punya pasangan. Aduh, menyesatkan ya. Tapi kalau kamu sekarang berusia 20 tahunan dan mau punya bisnis sendiri, sini sini merapat! Asal kamu tahu saja, bisnis dan usia 20 tahunan adalah dua hal yang ciamik untuk dipadukan, BossQ. Artinya, tepat banget kalau di usia 20 tahunan kamu mau mulai bikin usaha. 

Pertanyaannya, mungkin kah membangun bisnis di usia muda?

Mari kita bahas satu per satu.

Badan Pusat Statistik (BPS) mengungkap, penduduk Indonesia pada 2020 didominasi oleh Generasi Z yang lahir pada rentang 1997 sampai 2012.

Generasi ini memiliki peluang luar biasa untuk melakukan apa saja dengan ujung jari mereka. Sejak tumbuh dengan teknologi, generasi ini memiliki keunggulan kompetitif untuk membangun merek yang mengandalkan pemasaran dan teknologi digital.

Selain itu, pada usia 20 tahunan, sebagian orang sudah bisa mandiri. Pada usia itu, sejumlah orang bakal memilih tinggal terpisah dengan orangtua dan bekerja. Seseorang pada usia tersebut juga belum memiliki tanggungan bukan? Menikah misalnya.

Internet Entrepreneur, CEO of SDP Labs and Founder of ProofHub, Sandeep Kashyap, dalam Medium.com menyebut ada 3 keuntungan membangun bisnis di usia muda.

1. Umurmu adalah Aset Terpenting

Muda dan berani. Usia muda membuat pikiran lebih “encer”. Ide-ide “liar” bisa kamu kembangkan dalam bisnismu tanpa terlalu banyak babibu. Kamu tak terlalu takut mengambil risiko.

Selain itu, orang akan lebih mau membantu anak muda. Orang yang berpengalaman akan melihatmu sebagai calon pemimpin masa depan. Kamu akan belajar banyak hal sejak dini dan orang akan terkesan olehmu yang mencapai kematangan awal.

2. Memulai Bisnis di Usia Muda Bakal Bantu Membangun Orisinalitasmu

Kaum muda memiliki kecenderungan memiliki pola pikir orisinal. Orang yang lebih berpengalaman cenderung bakal mengikuti jalan yang telah ditetapkan menuju sukses.

Memang, tidak semuanya seperti ini, tetapi seiring waktu dan usia semakin ciut keberanian untuk mengambil risiko. Jadi mereka mencari cara yang sudah terbukti.

Memulai bisnis lebih awal, akan membuatmu dapat pengalaman mentah dalam menghadapi semua kesulitan hidup.

Kamu akan mendapatkan panduan terbaik, yakni hidupmu sendiri. Karena kamu mempelajari banyak hal lebih awal, kamu juga akan dapat mengalami dan memahami perkataan para senior. Ini adalah saat yang tepat untukmu menggabungkan proses berpikir sendiri dengan nasihat mereka untuk menghasilkan sesuatu yang inovatif.

3. Waktu adalah Uang dan Kamu Punya Cukup Banyak

Kegagalan dan bisnis adalah sabahat. Ketika menemui kegagalan saat membangun usaha di usia muda, kamu punya waktu cukup banyak untuk bangkit kembali.

Liputan6.com juga menyebut ada sejumlah manfaat membangun bisnis di usia muda.

Pertama, bakal memupuk rasa percaya dirimu. Siapapun tahu, membangun bisnis di usia muda tidak mudah. Oleh karena itu, ketika usaha rintisanmu akhirnya sukses, secara otomatis kepercayaan diri meningkat. Kepercayaan diri ini juga penting untuk keberlangsungan usahamu lho.

Kedua, memiliki banyak kesempatan dan belajar dan kegagalan. Liputan6.com juga mengatakan, mengalami kegagalan usaha di usia yang belia bukanlah masalah. Kenapa? Sebab, kamu punya banyak peluang untuk mencoba berbagai hal baru, hingga pada akhirnya menemukan jenis dan formula bisnis yang tepat.

Ketiga, mudah memanfaatkan teknologi. Paham teknologi menjadi modal berbisnis yang jempol untuk kamu yang berusia 20 tahunan. Teknologi merupakan media pemasaran, promosi dan berbisnis yang efektif untuk saat ini.

Keempat, kamu lebih mengenal selera anak muda dengan lebih baik. Sama-sama muda, tentu kamu lebih mudah dalam memahami selera konsumen.

Dari penjabaran di atas, usia muda tak jadi halangan bukan untuk memulai bisnis? Oleh karena itu, jangan ragu memulai usaha meski masih berstatus mahasiswa.

Lalu, bagaimana cara memulainya?

Brilio.net membagikan 9 tips memulai usaha di usia 20-an, yakni:

1. Berani Memulai

Tekad dan keinginan yang kuat harus tumbuh dalam diri jika ingin kerja kerasmu membuahkan hasil.

2. Jangan Keseringan Nongkrong

Biasanya, seseorang usia 20-an suka nongkrong. Memang, ini bisa berguna untuk membangun relasi. Tapi jika terlalu sering, uangmu bakal tergerus untuk hal yang tak perlu, alih-alih dikumpulkan untuk modal usaha.

3. Disiplin

Susun jadwal harianmu. Tentukan hal-hal prioritas. Misalnya, disiplin bangun pagi yang konsisten. Kemudian berolahraga.

4. Membangun Personal Branding

Manfaatkan media sosial untuk membangun personal brandingmu. Misalnya promosikan hasil karya atau kebolehanmu di Instagram.

Ini akan menjadi awal pembentukan jalanmu. Buatlah orang-orang terkesan denganmu.

5. Tak Melupakan Sahabat dan Keluarga

Hal ini dipercaya menjadi salah satu faktor yang membuat sukses dalam memulai bisnis diusia 20-an. Pastikan menyempatkan diri untuk berkumpul dengan mereka, meski sulit untuk melakukannya jika bisnismu sudah berjalan dan tumbuh menjadi besar. Namun ini penting dilakukan karena mereka adalah support system terbaik.

6. Bersabar

Jangan pernah mengharapkan hasil yang cepat. Untuk membangun bisnis, kamu butuh bersabar untuk jangka waktu lama.

7. Cari Penghasilan Tambahan

Terbentur masalah modal? Kamu bisa mengatasinya dengan mencari penghasilan tambahan. Tak selalu dengan bekerja, tapi juga investasi.

Misal, kamu bisa menabung emas untuk mengumpulkan tambahan modal. Sisihkan sedikit uang jajanmu untuk menabung emas. Kamu juga bisa cari pekerjaan tambahan sembari kuliah untuk modal usaha.

8. Belajar dari Orang Sukses

Kamu bisa belajar tentang bagaimana orang-orang berhasil mencapai kesuksesan. Selain dapat ilmu, kamu bisa terinspirasi saat tahu kisah mereka yang telah sukses dalam bisnis.

9. Hemat

Brilio menyebut, gaya hidup menjadi salah satu faktor yang mementukan kesuksesan seseorang. Sebagai seseorang yang terhitung baru karena masih berusia 20-an maka lebih baik kamu dapat menjaga gaya hidup hemat. Setiap rupiah yang kamu kumpulkan sangat penting untuk memulai bisnis.

Pertanyaan selanjutnya, bisnis apa yang bisa dilakukan oleh anak muda di usia 20 tahunan?

Qasir mengumpulkan 6 usaha yang bisa kamu rintis dengan modal minim. Apa saja itu?

1. Jadi Guru Les

Jika kamu merasa pintar, mumpuni dan menguasai materi pelajaran, manfaatkan lah. Mulailah membuka jasa menjadi guru les.

Saat ini, banyak platform yang menjadi lapak untuk menawarkan jasa guru les. Tinggal cari di mesin pencari, banyak pilihan yang akan muncul.

Usaha ini juga hanya bermodal uang transport dan sabar.

2. Jual Jajanan atau Cemilan

Kamu butuh modal mulai dari Rp 100 ribu untuk memulainya. Tak perlu beli cemilan kiloan, saat ini banyak toko yang sudah menjual grosiran dalam bungkus kecil. Kamu bisa juga beli jajan pasar di pasar pagi untuk mendapat harga murah.

3. Fashion dan Pernak-pernik yang Lagi Tren

Pertama-tama, survei barang-barang unik dan imut yang umumnya digemari oleh anak muda. Jika modalmu terbatas, batasi pula harga barang yang bakal kamu jual. Misal, jual pernak-pernik serba Rp 5000. Kamu juga bisa jadi dropshiper BossQ.

Hal yang perlu diperhatikan, tren selalu berkembang. Jika tidak mengikuti perkembangannya, kamu bakal ketinggalan. Bisnismu pun tak bakal berkembang.

4. Content Creator

Pekerjaan yang satu ini sedang populer seiring dengan perkembangan teknologi. Tapi bagaimana cara memulainya? Liputan6.com menyebut ada 6 hal yang harus kamu lakukan dan bangun komitmennya ketika akan memulai jadi content creator.

Keenam hal itu adalah memilih konten sesuai passion kamu, buat karya original, perbaharui tren, jangan malu mengintip konten orang lain, multitasking (misal kamu harus belajar mengedit video, belajar mengoperasikan kamera, memotret, mengatur feed Instagram), dan konsisten.

5. Video Editor

Berkembangnya teknologi dan industri kreatif membuat sejumlah keahlian banyak dicari. Salah satunya, keahlian mengedit video. Jika kamu punya kemampuan menjadi video editor mulailah bisnis dengan menawarkan jasa editingmu. Jangan lupa tingkatkan kemampuan editing video-mu ya. Tutorial mengedit video sudah banyak tersedia secara online lho.

6. Jasa Foto

Hobi fotografi? Jangan hanya menjadikannya sebagai hobi Usahawan. Saatnya meningkatkan nilai hobimu itu.

Caranya, manfaatkan media sosialmu. Pasang foto hasil karyamu dan tawarkan jasa di sana. Kamu juga bisa memanfaatkan situs yang menjadi gudang penawaran jasa fotografi.

Selamat mencoba!

Baca juga:

Share artikel ini