Inspirasi

Menjual Jasa Pakai Qasir, Why Not?

By putri • 09 Apr 2019

Siapa bilang Qasir hanya cocok untuk para pengusaha yang menjual barang saja? Di Yogyakarta, seorang dokter hewan yang menjual jasa grooming dan jasa rawat medis pun menjalankan usahanya menggunakan aplikasi Qasir.

Dua tahun sudah Drh. Sucianti Edianaputri atau Suci merintis usaha pet shop dan klinik hewan  peliharaan dengan menyewa sebuah toko di  Jl. Nusa Indah, Sleman, DIY.  Berusia 30 tahun, ibu dua anak  ini memutuskan membuka praktek dokter hewan di  dekat tempat tinggalnya agar bisa selalu dekat dengan dengan anak-anaknya tanpa harus meninggalkan profesinya sebagai dokter hewan.

Usahanya ini pun ia beri nama Pet City. Selain menjual jasa perawatan hewan peliharaan,  Pet City juga menyediakan aneka kebutuhan hewan peliharaan, mulai dari makanan hewan peliharaan, obat-obatan, vitamin, produk perawatan tubuh hewan , hingga kandang.  Diharapkan,  keberadaan pet shop dapat mendukung praktek dokter hewan yang ia jalani, begitu pun sebaliknya.

Setahun belakangan, rupanya Suci pun mulai kewalahan mengatur keuangannya.  Setiap malam ia harus merekap penjualan barang  sekaligus  jasa dokter. Tak jarang perhitungannya meleset, hingga ia pun harus kembali menghitung dari awal. Niatnya ingin buka usaha agar bisa dekat dengan anak,  alhasil,  Suci malah merasa kehabisan waktu bermain bersama mereka.

Ia pun mendapat masukan dari sang suami untuk menggunakan bantuan aplikasi POS (Point of Sales). Karena belum memiliki pengalaman dengan aplikasi semacam ini, Suci pun mulai mencari tahu, POS apa yang cocok dengannya,  dengan men-download dan mencoba sendiri beberapa aplikasi. POS yang cocok baginya, menurutnya  haruslah murah, mudah dan komplit. Setelah mencoba menggunakan beberapa macam POS, pilihan pun jatuh pada Qasir.  

“Pakai POS sebelumnya, visualnya kurang, sulit aplikasinya.  Cari-cari lagi,  akhirnya ketemu Qasir. Datanya lebih simpel, aplikasi jualannya juga lebih simpel,” begitu kata Suci memaparkan alasan ia memilih Qasir. Selain itu, alasan lain yang membuat Qasir istimewa bagi Suci adalah karena POS ini gratis, bisa digunakan langsung, tanpa biaya.

Satu fitur yang paling Suci sukai, adalah Rangkuman Penjualan. “ Kita bisa ngecek setiap harinya,  barang apa yang paling banyak laku, yang paling sering keluar.”

Suci berharap, Qasir gratis terus,  selamanya. Agar semakin banyak pengusaha kecil yang sedang merintis sepertinya terbantu.  Juga agar mereka  makin semangat dan fokus dalam menjalankan usahanya. Karena, urusan hitung-menghitung, rekap-merekap, dan catatan untung-rugi usaha, sudah diurus sama Qasir. (put)

Qasir #gratis #gampang #gaspol