Inspirasi

Prospek Bisnis Kopi Susu Gula Aren Sepanjang Tahun 2021

13 Dec 2020, Ditulis oleh Devi Septi

Prospek Bisnis Kopi Susu Gula Aren Sepanjang Tahun 2021

Selama tiga tahun terakhir, jumlah kedai kopi di Indonesia semakin meningkat. Tak heran membuat bisnis kedai kopi terus berkembang. Apalagi ditambah kondisi pandemi yang mengharuskan setiap orang menerapkan konsep #dirumahaja. Hal ini membuat penggemar kopi justru memesan dalam jumlah lebih besar di masa pandemi.

Pecinta kopi kebanyakan memesan kopi untuk seluruh anggota keluarga yang bekerja dari rumah. Bahkan masih ada beberapa orang yang rela datang untuk memesan kopi di kedai kopi favoritnya. Jika di tahun 2020 merupakan tahunnya kopi susu apakah hal yang sama akan terulang di tahun 2021 ini?

Menurut data dari Mitra GrabFood, umumnya pemesanan kopi di Indonesia didominasi oleh rasa kopi susu dengan pilihan rasa, seperti gula aren, vanilla, hingga caramel. Baru-baru ini rasa kopi susu gula aren paling populer di kalangan milenial. Pasalnya rasa kopi susu gula aren sangat friendly di lidah dan cita rasanya otentik.

Racikan kopi susu gula aren yang ditambahkan es batu membuatnya kian segar saat dinikmati. Kalau begini siapa yang berani menolaknya? Rasanya yang enak dan familiar sama seperti es kopi susu lainnya. Rasanya semakin legit dengan tambahan sirup gula aren yang manisnya khas. Tekstur gula aren yang kental dan rasanya yang legit manis gurih juga sangat pas dipadukan dengan es kopi susu. Tak heran varian rasa ini selalu ada di gerai atau kedai kopi.

Menurut riset Toffin yang bekerja sama dengan Majalah MIX MarComm SWA Group, kalangan muda penggemar kopi  hampir 40% membeli kopi dengan rata-rata alokasi belanja untuk minuman kopi per bulannya Rp200.000. Bahkan diprediksi bisnis kedai kopi akan tumbuh signifikan pada tahun-tahun berikutnya.

Masih dari riset yang sama,  jumlah kedai kopi sampai bulan Agustus 2019 di Indonesia tercatat mencapai 2.950 gerai lebih. Jumlahnya semakin meningkat hingga 3 kali lipat dibandingkan tahun 2016 yang hanya mencapai 1.000 gerai kopi saja.

Sementara itu, nilai pasar bisnis kopi di Indonesia sudah mencapai Rp4,8 T lebih setiap tahun. Angka tersebut dihitung dari asumsi omset setiap gerai yang berhasil mencapai penjualan hingga 200 cup per hari dengan harga kopi Rp20.000-an.

Nilainya tersebut semakin meningkat karena angka penjualannya belum termasuk penjualan kopi oleh kedai kopi keliling dan tradisional. Maka dari itu, bisa dipastikan bisnis kopi susu gula aren ini tidak akan lesu pada tahun 2021 mendatang. Bisnis ini sangat menjanjikan dan profitable.

Melihat potensi tersebut, membuat peluang usaha kopi susu gula aren ready to drink akan menjadi hits di tahun 2021. Tentunya peluang ini tidak akan disia-siakan bagi kamu yang ingin membuka usaha bisnis kopi susu gula aren coffee to go.

Peluang Bisnis Kopi Susu Gula Aren Take Away di Tahun 2021

Bisnis kopi di Indonesia memang tidak pernah ada matinya. Banyak pemain baru mulai bermunculan silih berganti. Hanya saja sekarang ini sepertinya ada perubahan warna terhadap usaha ini. Bila dulu bisnis kopi cuma dimainkan para pelaku bermodal besar, sekarang sudah tidak lagi.

Berkat pandemi corona yang menganjurkan #dirumah aja, hal ini membuat konsep “ngopi” yang selama ini dikenal selalu dilakukan di cafe berubah menjadi coffee to go, yaitu menikmati kopi di rumah saja. Lalu, seperti apakah peluang bisnis kopi susu gula aren ready to drink/take away di tahun 2021? Qasir akan berikan ulasan singkat peluangnya di bawah ini!

#1 Ada Perubahan Kebiasaan

Selama pandemi, kita semua harus terbiasa dengan berbagai perubahan baru. Mulai dari menerapkan protokol kesehatan yang  juga berdampak  bagi pelaku usaha, seperti pemilik café dan kedai kopi. Belakangan ini pemain besar, pemilik cafe dan kedai kopi harus bisa menyesuaikan diri dengan penerapan protokol kesehatan yang berlaku.

Mereka harus bisa memastikan kebersihan café secara berkala, mengecek suhu karyawannya, menyemprotkan desinfektan. Belum lagi setiap barista harus memakai hand glove ketika bertugas hingga membatasi jumlah tempat duduk untuk konsumen yang datang.

Selain itu, banyak pelanggan yang mulai mengalami perubahan kebiasaan setiap hari. Jika biasanya mereka suka duduk berlama-lama di café. Kini, sudah jarang karena alasan kesehatan. Dengan demikian, bisnis coffee to go merupakan solusi terbaik bagi mereka yang ingin meminum kopi nikmat tanpa harus khawatir dengan pandemi yang terjadi saat ini.

#2 Dimulai dengan Modal Kecil

Bisnis kopi susu gula aren to go adalah salah satu konsep jualan kopi dengan cara yang paling sederhana tanpa harus membuat kedai. Fokusnya disini adalah memberikan layanan secara take away. Konsumen bisa langsung membeli kopi sebagai “teman” selama perjalanan atau untuk dinikmati ketika sampai di rumah.

Selain itu, kopi susu gula aren komposisinya lebih terjangkau dan unik. Modalnya jauh lebih kecil daripada membangun bangunan cafe.  Peluang besar seperti inilah yang kemudian menjadikan banyak orang mulai terjun ke dalam usaha kopi susu gula aren to go kekinian.

#3 Coffee to Go Punya Banyak Kelebihan!

Konsep bisnis yang seperti ini sebenarnya sudah ada sejak COVID-19 belum datang ke dunia. Namun, tidak dapat dipungkiri bila konsep bisnis kopi yang seperti ini semakin dilirik dan berpeluang besar memberikan keuntungan tersendiri saat pola hidup masyarakat mulai berubah sejak new normal berlaku.

Kelebihannya adalah pembeli tidak harus mengunjungi kedai kopi. Namun, mereka masih dapat menikmati kopinya sambil dibawa ke mana saja. Terlebih sekarang ini sudah banyak aplikasi ojek online yang siap mengantar usaha minuman kopi. Jadi, produk lebih mudah sampai ke tangan pelanggan.

Itulah sebabnya konsep ini cocok sekali diterapkan di tahun 2021 mendatang. Dilihat dari segi modalnya sendiri juga sangat minimalis. Jadi, bisnis ini sangat ramping, dan penjualannya tidak butuh banyak modal seperti pembangunan cafe atau persiapan karyawan dalam jumlah banyak.

#4 Bisnis yang Menjanjikan

Meskipun sekarang ini perekonomian masih terguncang karena pandemi, namun bisnis kopi susu gula aren termasuk usaha yang bisa terus berjalan hingga tahun 2021 mendatang. Bisnis ini terbilang sangat menjanjikan karena banyak orang tidak bisa lepas dari minuman kopi. Apa lagi kalangan muda penggemar kopi jumlahnya tidak sedikit, mencapai 40% gemar membeli kopi.

Itulah beberapa keuntungan membuka bisnis coffee to go. Meskipun peluang usaha kopi sedang bersinar , agar usaha kamu dapat berjalan dengan lancar pastikan kamu sudah menggunakan aplikasi Qasir umtuk membantu mencatat penjualan, mengelola produk, mengawasi stok, dan memantau laporan transaksi.

Download aplikasi Qasir GRATIS di sini.

Menariknya lagi, aplikasi Qasir dapat digunakan siapa saja dan jenis usaha apa pun. Kamu cukup mendownload aplikasi secara cuma-cuma alias gratis  bagi pengguna Android. Aplikasi Qasir telah didownload  500.000 kali, lho. Jadi tunggu apalagi? Kini giliranmu makin cuan pakai Qasir!

Baca juga:

 

Share artikel ini