Studi Kasus

Sederet Hal Tentang Added Value, Kunci Menangkan Persaingan Usaha

17 Mar 2021, Ditulis oleh Bentangku

Sederet Hal Tentang Added Value, Kunci Menangkan Persaingan Usaha

Bahasan soal marketing, tak pernah lepas dari yang namanya added value atau nilai tambah. Persaingan yang semakin ketat antarpengusaha, membuatmu harus memberi nilai tambah ke produk atau jasa yang kamu tawarkan.

Tapi, apa itu added value?

BBC menyebut, nilai tambah adalah selisih antara harga jual dan harga pokok barang atau jasa.

Kata nilai di sini penting. Karena, ketika kita menambahkan nilai lebih pada produk, harganya pun dapat kita naikkan sesuai dengan nilai yang kita tambahkan.

Misalnya saja, suatu barang atau jasa dibuat lebih menarik, pelanggan biasanya akan bersedia membayar lebih. Oleh karena itu, nilai tambah dapat meningkatkan jumlah keuntungan yang dapat dihasilkan bisnis.

Namun, added value tak melulu terkait uang atau diskon yang kamu tawarkan lho. Meski, tentu saja dua hal ini juga dapat menambah nilai dari produkmu.

Nilai yang kamu tambahkan ini harus mampu menjadi pembeda antara produkmu dengan barang atau jasa yang ditawarkan oleh competitor.

Lalu, bagaimana caranya memberikan added value atau nilai tambah ke produk kamu?

Jawabnya, “Banyak cara.”

Nah, biar kamu tak bingung, Qasir merangkum beberapa cara di antaranya untuk memudahkanmu BossQ. Berikut 10 cara menambahkan nilai ke barang atau jasamu seperti dilansir dari berbagai sumber:

1. Inovasi

Inovasi bisa menjadi langkah tepat untuk menghadapi persaingan. Ini adalah hal dasar dan dinilai cukup efektif untuk memenangkan persaingan pasar.

Wartaekonomi menyebut inovasi merupakan salah satu kunci penting bagi sebuah brand agar dapat bertahan serta tumbuh dan berkembang.

“Meskipun tidak menjadi yang pertama, inovasi tetap akan memberikan value, dapat pengakuan di mata publik. Seleksi dari lembaga independen akan memberikan nilai tambah ketika brand image ditempelkan dalam produknya,” kata Chairman Tras N Co Indonesia & Indonesia Brand Network, Tri Raharjo, seperti dilansir Wartaekonomi.

Detik.com menyebut, tidak adanya inovasi akan membuat konsumen merasa bosan, meninggalkan produk tersebut, dan bisa dipastikan bisnis akan tenggelam di tengah ketatnya persaingan.

Salah satu inovasi yang bisa kamu lakukan adalah menciptakan produk yang unik.

Masih seperti dilansir Detik.com, kamu juga dapat mengembangkan produk yang sudah ada agar memiliki nilai tambah, seperti meningkatkan kualitas, meng-upgrade fitur, atau memperbaiki bentuk agar lebih menarik.

2. Gandeng Tokoh Terkenal

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo pernah mengatakan, pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) harus memiliki kreativitas agar produk jualannya memiliki nilai tambah.

"Kalau bicara kreativitas, kuncinya meningkatkan nilai tambah," kata Perry dalam Pembukaan Karya Kreatif Indonesia 2020 secara virtual, Jakarta, seperti dilansir Merdeka, Jumat (28/8/2020).

Saat itu, Perry mencontohkan produk kain tenun ulos asal Sibolga, Sumatera Utara.

Menurut dia, kain tenun buatan para pengrajin itu dapat bertambah nilai jualnya jika digunakan oleh orang penting seperti pejabat negara.

"Kalau yang pakainya menteri itu kan nilainya akan berkali-kali lipat. Intinya value added," kata Perry.

3. Kemasan yang Bikin Jatuh Cinta

Kemasan sebuah produk dinilai menjadi salah satu hal yang menentukan dalam memenangkan persaingan usaha. Sebab, memberikan kemasan yang bikin calon konsumen jatuh cinta, bisa menjadi nilai tambah produk yang kamu tawarkan.

Direktur Bina Produktivitas Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), Fahrurozi, pernah menyinggung hal ini dalam pelatihan yang bertajuk “Kemasan Cantik, Produktivitas UMKM Naik”, yang dilakukan secara daring seperti dilansir Suara.com.

“Kemasan yang baik merupakan nilai tambah suatu produk,” kata Fahrurozi, Jakarta, Senin (28/9/2020).

4. Manfaatkan Kondisi Lingkungan

Apa yang dimaksud dengan memanfaatkan kondisi lingkungan?

Begini, kamu bisa memanfaatkan kondisi lingkungan saat ini untuk brand image-mu. Misal terkait perubahan iklim.

Isu perubahan iklim terus digaungkan oleh sejumlah pihak dari segala penjuru dunia. Banyak orang bergidik ngeri dengan kerusakan lingkungan yang menyebabkan perubahan iklim.

Oleh karena itu, makin banyak pula orang yang ingin ikut berkontribusi dalam melestarikan lingkungan.

Kondisi ini membuat sejumlah produsen produk memanfaatkannya dan mulai membuat produk yang lebih ramah lingkungan. Ada pula penjual yang mulai tidak menggunakan plastik untuk pengemasannya.

Menurut penelitian pada 2017 yang dilakukan Unilver bersama lembaga riset di Brazil, Europanel dan Flamingo, seperti dilansir Femina, sepertiga dari 20.000 konsumen yang disurvei memilih untuk membeli merek yang mereka yakini melakukan kebaikan terhadap masyarakat dan lingkungan hidup.

Femina mencontohkan desainer sekelas Stella McCartney yang sejak awal menekankan produk yang dibuatnya berasal dari material ramah lingkungan. Juga merek Uniqlo yang tak hanya akan mengganti plastik kantong belanjanya, juga akan menerima jaket musim dingin lama dari konsumen untuk didaur ulang.

5. Meningkatkan pelayanan

Pelayanan khusus pada konsumen merupakan salah satu cara yang jitu untuk merebut hati pelanggan. Hal ini menjadi nilai tambah untuk usahamu BossQ.

Contohnya, soal kemudahan dalam bertansaksi secara online, gratis ongkos kirim, atau pelayanan yang ramah dan sabar.

Niscaya, pelanggan betah membeli di tokomu dalam jangka waktu panjang.

6. TIngkatkan Kualitas

Hal penting bagi calon konsumen saat mempertimbangkan akan membeli barang dan jasamu atau tidak adalah kualitas produk.

Oleh karena itu, untuk menarik minat calon konsumen, kamu bisa menawarkan kualitas terbaik unggulan dari produkmu.

Lalu bagaimana jika harganya menjadi melambung?

Jangan khawatir Usahawan, ada ungkapan bisnis, ada harga ada rupa. Jika memang kualitas produk yang kamu tawarkan prima, niscaya tetap akan ada banyak pelanggan yang mencarinya.

7. Memberikan Garansi

Garansi ini penting dan tak banyak penjual atau usahawan yang menawarkannya kepada konsumen. Maka, ketika kamu mampu memberikannya, kamu dapat nilai tambahan di hati pelanggan.

Garansi menjadi suatu jaminan kualitas produk atau jasa yang kamu tawarkan itu benar-benar prima.

8. Upgrade Kualitas Foto

Poin yang satu ini, penting buat kamu yang berjualan secara online. Jika kamu menyajikan gambar atau foto dengan kualitas bagus pada marketplace atau lamanmu, pelanggan pun akan terpuaskan. Apalagi ketika foto yang kamu pasang adalah real pic atau gambar sebenarnya.

9. Berikan Saran

Saran merupakan salah satu added value yang gratis. Kamu cukup memperdalam pengetahuanmu tentang produk atau jasa yang kamu tawarkan. Lalu, berikan saran ke calon konsumen atau pelanggan sesuai dengan kebutuhan mereka.

Misal, ketika kamu berjualan celana jin. Kamu bisa memberikan saran, jika merek A, lebih baik yang bersangkutan menggunakan ukuran sekian dan model tertentu. Berikan juga alasan kamu memberikan saran itu.

Jangan lupa, berikan saran dengan cara sopan dan tidak memaksa ya.

Hal ini juga menunjukkan profesionalitasmu lho.

10. Reward ke Pelanggan Setia

Jangan  sungkan memberikan reward atau penghargaan kepada konsumen yang memenuhi syarat tertentu. Misal, kepada pelanggan setia atau konsumen yang bertransaksi dengan nominal di atas Rp 200.000.

Hadiah ini bisa kamu berikan dalam berbagai macam bentuk. Misal, potongan harga atau memberi label khusus kepada mereka, sehingga pelangganmu merasa menjadi konsumen istimewa.

Khusus yang satu ini kamu bisa manfaatkan fitur Pelanggan dan Kelola Diskon. Fitur Pelanggan GRATIS,  memungkinkanmu menyimpan data pelangganmu dan behaviour belanjanya, sedangkan Kelola Diskon membantumu membuat aneka program diskon dan menyimpannya di aplikasi Qasir kamu, jadi kamu bisa tinggal menggunakannya sewaktu-waktu. 

Tentang fitur Pelanggan, baca di tautan ini. 
Tentang fitur Kelola Diskon, baca di tautan ini. 
Untuk mengaktifkan Kelola Diskon, klik di sini.

Selamat mencoba.

Baca juga:

 

Share artikel ini