Tips

10 Kesalahan yang Paling Sering Dilakukan Pengusaha Baru

By putri • 13 Mar 2019

Setelah memimpikan sejak lama, akhirnya Kamu mulai bisnismu sendiri. Yeay! Dengan begini, resmi sudah predikat pengusaha  melekat pada dirimu. Tapi sebelum melangkah lebih jauh, simak dulu yuk nasihat bisnis yang diramu tim Qasir.id  dari www.classycareergirl.com berikut ini

Kesalahan # 1: Tidak Ada Rencana

Kesalahan pertama adalah memulai tanpa rencana yang matang. Ide saja tidak akan membuatmu kaya. Kamu harus memiliki langkah dan tindakan yang solid.

Kesalahan # 2: Menghabiskan Uang Terlalu Banyak

Investasi memang diperlukan. Selalu  ada biaya awal dalam bisnis. Tetapi ingatlah untuk selalu efisien dalam pengeluaran.  Hindari pengeluaran yang berlebihan di awal. Misalnya biaya promosi yang terlalu mahal. Lebih berguna  jika dananya digunakan untuk investasikan diri Kamu dengan pelatihan dan pengetahuan untuk meningkatkan model bisnismu.

Kesalahan # 3: Mencoba Melakukan Segalanya Sendiri

Kesalahan ketiga adalah mencoba melakukan semuanya sendiri.  Untuk memulainya, ambil saja langkah kecil.  Pilih satu hal yang tidak terlalu kamu kuasai atau yang membutuhkan waktu lama untuk dilakukan sendiri.  Kamu tidak selalu harus membayar mahal untuk ini.  Berdayakan teman dan kenalanmu dengan kerja sama yang saling menguntungkan.

Kesalahan # 4: Menunggu  Segala Sesuatunya Sempurna

Dengan kata lain, mengambil terlalu banyak waktu untuk berpikir hingga tidak menemukan saat yang tepat  untuk mengambil tindakan.

Lakukan saja dulu. Dengan begitu Kamu punya sarana untuk menguji, memasarkan, dan menciptakan inovasi untuk bisnismu ini.

Kesalahan # 5: Tidak Mensurvei Klien Potensial

Kesalahan nomor 5 adalah tidak benar-benar memahami siapa klien/ target market ideal Kamu.  Cara bagus untuk  survei klienmu adalah mengajak mereka  mengobrol,  sambil membuat catatan.  Coba simak apa yang mereka katakan berulang kali. Di mana  titik temu antara apa yang Kamu sukai dan yang mereka butuhkan. Itulah peluangmu!

Kesalahan # 6: Meniru Persis Produk Orang Lain

Ingatlah bahwa Kamu unik. Kamu memiliki misi dan impian pribadi  dalam berbisnis.  Lakukanlah semua itu.  Jangan jalani impian orang lain. Kalaupun ada yang sukses dalam menjalani bisnisnya, bukan berarti kamu bisa menirunya seratus persen. Lakukan bisnis dengan versimu.

Kesalahan # 7: Tidak Bergairah dengan Ide Bisnis Sendiri

Kesalahan ketujuh adalah memulai bisnis yang tidak Kamu sukai hanya untuk menghasilkan uang. Mulailah bisnis yang akan Kamu sukai terus,  karena bisnis bukan hanya soal uang.

Kesalahan # 8: Mengabaikan Support  Tambahan

Kesalahan kedelapan yang dilakukan wirausahawan baru adalah berjalan sendiri tanpa pendampingan,  kelompok/ komunitas atau mentor yang membantu. Komunitas pendukung benar-benar apa yang Kamu  butuhkan agar tidak merasa sendirian dalam mengarungi samudera bisnis.

Kesalahan # 9: Berpikir Socmed adalah Bisnis

Kesalahan kesembilan yang dilakukan banyak pengusaha adalah berpikir bahwa memiliki media sosial ataupun blog adalah bisnis. Semua itu adalah sarana promosi bisnismu. Manfaatkan itu. Boleh saja mendapatkan pemasukan dari sana, tapi fokuslah dengan bisnismu yang sebenarnya.  

Kesalahan # 10: Tidak Mulai Hari Ini

Kesalahan terakhir adalah tidak mengambil langkah maju. Ingat! Tidak pernah ada timing yang sempurna setiap hari. Ini benar-benar moto yang harus dipunya semua wirausahawan. Timing yang tepat kita yang buat. Caranya adalah dengan mengambil langkah maju setiap hari.