Tips

5 Ide Bisnis Kuliner Bermodal Kecil untuk Pemula

13 Sep 2019, Ditulis oleh putri

5 Ide Bisnis Kuliner Bermodal Kecil untuk Pemula

Jika ada satu jenis usaha yang selalu populer di kalangan masyarakat, tentunya bisnis kuliner adalah jawabannya. Permintaan pasar atas kuliner seolah nggak ada habisnya. Tapi tahu nggak BossQ, untuk memulai bisnis kuliner nggak selalu butuh modal besar, lho. Maka tidak mengherankan apabila usaha kuliner menjadi ladang usaha yang cukup menjanjikan karena berpotensi menggaet banyak konsumen. 

 

Hmmm, kira-kira bisnis kuliner apa saja ya yang menarik sekaligus mudah dijalankan? Simak dulu rekomendasi Qasir berikut ini!

 

  1. Bisnis Minuman

Kamu penggemar boba? Atau mungkin penggemar thai tea? Nah, kamu bisa coba untuk memulai bisnis minuman. Cukup dengan budget 1-2 juta rupiah aja, kamu bisa menjalankan bisnis ini. Pilihannya sendiri ada dua. Yang pertama kamu bisa menjalankan bisnisnya dengan membeli waralaba di mana bahan baku dan peralatan lainnya sudah disiapkan. Yang kedua dengan menjalankan bisnismu sendiri termasuk alat dan bahan baku, kamu cari sendiri. Agak lebih repot mungkin, tapi kamu bisa leluasa memilih yang paling cocok buat kamu. Untuk menghemat biaya sewa tempat, kamu bisa mulai dulu dengan berjualan di depan rumahmu.

 

  1. Angkringan

Bisnis kuliner satu ini cukup populer di Yogyakarta, terutama di kalangan mahasiswa. Kamu yang di luar Yogya, juga bisa lho mengadaptasi bisnis ini di daerahmu. Bagaimana tidak? Harganya yang bersahabat di kantong membuatnya jadi tempat favorit untuk nongkrong sekaligus santap malam. Biasanya, angkringan menyediakan beragam makanan seperti nasi kucing, sate usus, tempe, tahu, hingga telur. Siapkan budget sekitar 3-4 juta untuk mendapatkan gerobak angkringan, bahan-bahan makanan, serta peralatan jualan. Kamu bisa beroperasi di sore hingga malam hari untuk menargetkan orang-orang yang baru pulang kerja atau kuliah.

 

  1. Kedai Kopi Kecil-kecilan

Beberapa tahun belakangan ini, kopi menjadi salah satu minuman favorit orang Indonesia. Pertumbuhannya pun kian pesat dan bisa dilihat dengan menjamurnya kedai kopi di berbagai sudut kota. Nah, mengingat jumlah peminum kopi kian meningkat, bisnis kedai kopi jadi peluang yang cukup menjanjikan. 

 

Dengan modal kecil, kamu bisa memulai bisnis kopi a la angkringan dengan menjajakannya di gerobak. Cukup sediakan gerobak, beberapa meja kecil, bangku, serta peralatan brewing kopi yang sederhana, kamu sudah bisa memiliki kedai kopi minimalismu sendiri. 

 

  1. Bubur Ayam

Harus diakui, bubur ayam adalah salah satu menu sarapan yang paling dicari oleh masyarakat Indonesia. Nah, biasanya penikmat bubur ayam terbagi menjadi dua kelompok, yakni tim bubur diaduk dan tim bubur nggak diaduk. Untuk memulainya, kamu bisa menyiapkan modal sekitar 3-4 juta untuk modal membeli gerobak, bahan baku, serta peralatan. Mengingat ini merupakan menu sarapan, buat kamu yang memutuskan untuk berbisnis bubur ayam harus mau bangun pagi nih untuk menyiapkan bahan-bahan agar tetap segar saat dijajakan pada pelanggan.

 

  1. Gorengan

Eits, jangan sepelekan gorengan ya. Meski murah, gorengan bisa menjadi bisnis kuliner yang cukup menjanjikan lho. Karena hampir setiap orang pasti tidak bisa menolak gorengan. Apalagi jika disajikan hangat-hangat. Kamu tinggal menyiapkan inventaris berupa gerobak, peralatan memasak, dan bahan baku. Nah, tipsnya supaya makin laku, perbanyak jenis gorengan yang kamu jual ya supaya pelanggan nggak bosan.

 

Itulah tadi beberapa jenis bisnis kuliner yang bisa kamu terapkan meski dengan modal kecil. Ingat, apapun jenis bisnisnya, yang penting harus kamu jalankan dengan sungguh-sungguh. Kelola dengan baik, biar kalau bisnis kamu sudah berkembang, kamu sudah nggak kaget lagi. Jangan lupa untuk memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk bantu usaha kamu. Seperti aplikasi Qasir misalnya, aplikasi pintar gratis untuk semua usaha kamu. Jadi, selamat mencoba ya!

 

 

 

Share artikel ini