Tips

ATURAN YANG DIJALANI SEMUA ORANG SUKSES

By putri • 19 Mar 2019

Coba sebutkan tiga nama orang sukses yang kamu tahu. Sudah?  Sekarang, coba pikirkan apa sepuluh kesamaan dari ketiganya?  Hmm....butuh waktu lama pastinya.

Jangan khawatir, tim riset Qasir.id sudah meracik dan merangkumnya untuk Kamu, para pengusaha muda nan berjiwa budiman. Inilah, sepuluh aturan yang dipegang semua orang sukses.  Baik itu orang sukses yang masih hidup, ataupun para Legenda  yang sudah  tiada.

Semoga bermanfaat.

1. Mengenal Diri Sendiri

Ya. Ini basic.  Kesadaran diri adalah kunci terbesar setiap kesuksesan. Ada begitu banyak orang di luar sana yang melakukan pekerjaan yang mereka benci karena mereka belum menemukan gairah mereka.

Nah, salah satu cara supaya Kamu menemukan diri Kamu adalah dengan bertanya kepada lima orang yang paling mengenalmu. Mintalah mereka untuk memberi tahu Kamu tentang keterampilan, kemampuan, dan kelemahan Kamu menurut pandangan mereka.

2. Lakukan Apa yang Kamu Sukai

Ini adalah step lanjutan.

Langkahnya begini, coba lihatlah ke cermin, lihat wajah yang ada di hadapanmu. Tanyakan padanya, "Apa yang ingin Kau lakukan setiap hari selama sisa hidup?"

Kalau sudah tahu jawabannya, lakukan itu.

3. Total dalam Melakukan Apa pun

Termasuk dalam bekerja. Termasuk dalam berbisnis. Termasuk dalam berteman. Termasuk dalam berkeluarga. Termasuk dalam berkomunitas. Termasuk dalam membantu. Termasuk dalam mendengar.

Totallah dalam menjalani hidup. Tidak pernah ada kata sukses untuk orang yang setengah-setengah. Percaya, deh.

4. Jangan Pikirkan Kesalahan yang Lalu

Penyesalan itu betul-betul tidak ada gunanya. Serius! 

Kita membuat kesalahan sepanjang waktu. Cukup sadari itu. Lalu perbaiki. Ada sehelai kertas putih bersih setiap kali kita bangun pagi,  yang bernama “kesempatan”.  Pastikan saja kertas putih itu tidak Kamu kacaukan (lagi).

5. Jadilah 100% Bertanggung Jawab

Saat kita menyalahkan orang lain, itu sama saja kita mengakui kalau kita tidak punya kendali, tidak berdaya, dan maaf...tidak berkualitas.

Belajarlah mengakui kekeliruan (atau kelalaian) yang kita lakukan. Hanya orang gagal yang selalu menunjuk kesalahan pada orang lain. Orang sukses tidak. Dia mau mengakuinya, mengevaluasinya, dan memperbaikinya.

6. Bersyukurlah Mulai dari SEKARANG

Walau sebenarnya banyak sekali  yang perlu kita syukuri, tapi sini deh...kami kasih tahu satu. Yang sangat bisa kita syukuri adalah: Kita hidup di zaman di mana ada banyak kesempatan dan kemudahan daripada yang didapat orang tua atau kakek nenek kita dulu.  Ya, kan? Lalu mengapa orang tuamu pandai bersyukur sedangkan Kamu tidak?

Mulai sekarang ucapkan ini. “Saya tidak terbiasa untuk mengeluh.” Tularkan juga pada orang-orang di sekitarmu, dengan tidak menimpali  keluhan mereka tentang apapun. Hidup terlalu menakjubkan untuk dikeluhkan, Kawan.

Ketahuilah ada begitu banyak orang di belahan dunia lain yang mengalami hal yang jauh lebih buruk. Seperti mereka yang harus hidup dengan menghadapi kematian anak-anak mereka,  ada orang yang tinggal di daerah konflik, juga orang-orang yang sedang terancam nyawanya karena penyakit tertentu. Maka bersyukurlah, sekarang juga.

7. Menjadi Praktisi

Jangan hanya jadi pengamat. Apalagi komentator.  Jadilah praktisi. Tidak perlu menunggu jadi ekspert baru bergerak. Tidak usah menunggu jago baru berkarya.  Ekspert itu lahir dari aneka uji coba dan kegagalan. Jago itu karena jam terbang, dan jam jatuh.

Kalau menunggu sempurna baru gerak , pas hari kiamat Kamu baru sukses.

8. Memahami Esensi “Efisien”

Lebih baik cepat daripada sempurna, itulah esensi efisien yang harus kita sepakati.

Caranya, mulailah latih diri kita  untuk melakukan sesuatu yang lebih dari biasanya,  per harinya.  Ya. Setiap hari, tambahkan sesuatu. Pada saatnya nanti, coba lihat. Ternyata kita bisa melakukan banyak hal dengan jatah waktu yang tetap sama, 24 jam.

9. Fokus pada Diri Sendiri

Dalam arti, tidak berusaha menjadi orang lain dan tidak mengurusi yang dipunya orang lain.

Orang-orang ingin jadi Steve Jobs, atau Bill Gates, atau Elon Musk. Tapi tahukah Kamu kalau orang-orang ini bisa jadi sebesar itu, justru karena mereka tidak berusaha jadi siapapun kecuali versi terbaik diri mereka sendiri.

Mulai sekarang, coba untuk tidak peduli pada jam mahal yang dipakai temanmu, atau rumah bagus yang ditunjukkan teman instagrammu.  Atau perjalanan mahal yang sering dipamerkan teman medsos-mu. Itu sungguh urusan mereka. Urusan Kamu  adalah memaksimalkan  versi terbaik diri Kamu.

10. Pikirkan Legasi, bukan Gengsi

Orang sukses yang sesungguhnya ingin memiliki dampak besar, bukan gengsi besar. Kalau Kamu begitu ingin pekerjaanmu saat ini bisa berpengaruh pada banyak orang, selamat.  Kamu calon orang sukses.

Siapa yang tercerahkan setelah membaca ini? Sejujurnya saya pun merasa begitu. Ternyata untuk menjadi orang sukses itu ada aturannya. Berarti kita pun bisa sukses, tinggal  mau atau tidak mengusahakannya.  Ingat ya, sukses di sini bukan tentang nilai nominal saja, melainkan apa yang bisa kita lakukan untuk dimanfaatkan oleh sebanyak-banyaknya umat manusia.

 

Sumber: www.garyvaynerchuk.com dan sumber lain.