Tips

Ingin Punya Bisnis Sendiri Tapi Modal Masih Kecil? Ini 5 Cara Mengaturnya

By putri • 30 Sep 2019

Memulai bisnis dengan modal yang sedikit itu meski menantang, tapi bukan nggak mungkin dilakukan. Banyak usahawan yang sering gelisah dan akhirnya tergoda untuk "batal" menjalankan ide bisnis mereka. Biasanya karena sudah takut duluan kalau usahanya nggak bisa jalan.  Padahal ada caranya ngatur modal yang belum besar tapi bisnis tetap bisa langsung jalan. Ini dia, BossQ!

 

1. Ketat Menggunakan Bujet

 

Prioritaskan modal digunakan untuk membeli perlengkapan utama saja seperti bahan-bahan baku. Jadi, untuk inventaris atau keperluan pendukung, bisa diminimalisir dulu. Karenanya sebaiknya carilah peluang bisnis yang tidak membutuhkan peralatan yang mahal.

 

2. Usahakan Jangan Berutang Dulu

 

Seringkali ada dorongan meminjam uang jika modal bisnismu sangat kecil. Dalam bisnis apa pun, arus kas akan terus berputar dan tidak jarang terjadi kesenjangan besar antara tagihan dan pemasukan kalau kamu nggak hati-hati. Belum lagi kemungkinan adanya pengeluaran tak terduga dan salah perhitungan. Duh, bisa-bisa tenggelam nanti seluruh bisnis kamu.

 

Ingat, kamu hanya boleh berhutang jika perhitungan penghasilan sudah stabil untuk membayar angsuran bulanannya. Jadi, tahan diri dulu ya. 

 

3. Berhemat Itu Penting

 

Kamu juga harus pintar-pintar untuk menghemat semua uang yang kamu bisa. Ini dimulai dengan model bisnismu. Idealnya, kamu memulai bisnis dengan biaya awal yang sangat sedikit, dengan kamu sebagai sumber utama tenaga kerja. Ingatlah bahwa bisnis apa pun dengan model ini akan memiliki banyak pesaing, jadi kamu harus bersaing ketat untuk pelanggan dengan menjaga kualitas produk dan pelayanan.

 

4. Harus Siap Jika Tahun Pertama Kamu Belum Punya Gaji

 

Bukannya gagal, tapi kamu juga perlu memikirkan jika membuka bisnis dengan modal kecil ini juga memiliki resiko lamanya balik modal. Kamu harus bersiap untuk menerima sedikit atau bahkan tidak ada gaji untuk tahun pertama membuka bisnis. Sebaliknya, pastikan pendapatan yang kamu dapat bisa dialokasikan untuk biaya operasional, penambahan modal, serta membayar karyawanmu.

 

6. Manfaatkan Teknologi Gratis 

 

Siapa bilang butuh biaya besar untuk mengaplikasikan teknologi dalam bisnis yang kamu miliki? Sekarang ini, sudah banyak penyedia aplikasi gratis yang membantumu menjalankan operasional bisnis. Misalnya, kamu bisa menggunakan aplikasi Qasir yang menyediakan layanan pengelolaan produk yang mudah digunakan, serta mendukung pembayaran non tunai untuk memudahkan pelanggan.

 

Nah, itulah enam cara mengatur bisnis dengan modal kecil. Memiliki bisnis sendiri bukanlah hal yang nggak mungkin terjadi selama kamu punya kemauan dan punya cara cerdas. Jadi, jangan lagi pikirkan hal-hal yang membuatmu nggak berkembang ya, mendingan pikirkan gimana caranya bisnismu berkembang pesat. Selamat mencoba!