Tips

Ini 5 Tips Bikin Website Sederhana untuk Usaha Kamu

23 Sep 2019, Ditulis oleh putri

Ini 5 Tips Bikin Website Sederhana untuk Usaha Kamu

 

Di zaman sekarang ini, orang-orang mencari apa pun yang mereka butuhkan di internet. Maka website pun sudah jadi komponen penting di dunia usaha. Dengan adanya website, usaha kamu akan makin mudah terlihat, sehingga kesempatan untuk menjangkau konsumen baru pun semakin terbuka lebar. 

 

Nah, melihat betapa pentingnya website dalam mendukung usaha, nggak ada salahnya kamu pun memilikinya. Meski dunia online itu masih cukup asing bagi yang belum terbiasa, bukan berarti kamu harus menyerah. Cek lima tips bikin website berikut ini.

 

1. Tentukan Nama Domain yang Mudah Diingat

 

Pemilihan nama domain sangatlah penting karena ini adalah identitas bisnis kamu. Bagi kamu yang masih belum tahu, nama domain ini adalah nama dari website Anda. Sebagai contoh, website Qasir ini memiliki nama domain: qasir.id. Dari contoh sederhana ini tentu kamu sudah paham bukan? 

 

Melihat pentingnya nama domain, disarankan kamu memilih nama yang mudah diingat dan mudah ditulis ulang oleh siapa pun. Salah satu cara termudah adalah pilih nama yang paling menjelaskan usaha kamu. Misalnya, Anda ingin membuat website untuk usaha pengembangbiakan ikan koi, maka pilihan nama domain yang bisa kamu gunakan adalah ikanhias.com, koijuara.com, atau pun jualikanhias.com.

 

 2. Pilih Layanan Hosting Sesuai Kebutuhan

 

Hosting ini bisa diibaratkan dengan lahan tempat kamu akan mendirikan website kamu. Beruntung saat ini sudah banyak penyedia layanan hosting dengan rentang harga yang variatif. Masing-masing penyedia juga sudah menyiapkan paket-paket yang bisa kamu sesuaikan dengan budget. Bahkan, ada juga yang menyediakan paket hosting gratis domain juga lho.

 

3. Pahami Aspek Teknis Dasar dari Website

 

Dalam membuat website, ada beberapa hal dasar yang wajib kamu pahami. Pertama, yaitu infrastruktur. Di dalam infrastruktur ini ada beberapa aspek teknis yang sebaiknya kamu pelajari terlebih dahulu. Salah satunya, memastikan kalau website kamu bisa diakses segala macam user. Artinya, website kamu sudah dirancang untuk pengguna desktop (komputer) maupun mobile (smartphone). 

 

4. Perhatikan Desain dan Pengalaman Pengguna

 

Mari kita ibaratkan website sebagai toko. Tertarik atau tidaknya konsumen untuk membeli produk ditentukan oleh seberapa nyaman mereka selama di dalam toko. Kenyamanan konsumen sendiri ditentukan oleh banyak hal, mulai dari layout toko, suhu ruangan, hingga sikap dari staf yang membantu mereka. 

Nah, beruntungnya, untuk menciptakan kesan nyaman dalam sebuah website tentu jauh lebih mudah daripada toko fisik. Kamu hanya perlu membuat website yang memberikan kenyamanan bagi konsumen untuk melihat-lihat produk atau pun sekadar mencari informasi lebih lanjut tentang usahamu. Baik melalui desain website yang baik hingga ke cara navigasi yang sederhana. 

 

5. Rajin-rajin Ciptakan Traffic Website 

 

Kadang website yang berdiri sendiri belumlah cukup untuk menciptakan traffic. Traffic dapat diartikan secara sederhana sebagai jumlah orang yang mengakses website bisnis kamu dalam satu waktu. Semakin banyak pengunjung, maka semakin tinggi traffic-nya. Lalu, bagaimana cara meningkatkan traffic dari website yang kamu miliki?

 

Pertama, bisa dengan membuat konten-konten yang menarik dan shareable. Konten ini bisa dalam bentuk artikel, infografik, atau pun ebook yang dapat diunduh gratis. Kedua, dengan rajin main ke blog dan forum online. Taruh komentar atau opini kamu dalam komentar atau pun thread forum dengan disertai dengan link website kamu. Cara ketiga, dengan menciptakan traffic dengan koneksi ke platform media sosial.


Baik, itu dia 5 tips bikin website sederhana untuk usaha kamu. Secara kasat mata, ketujuh tips di atas mungkin terkesan repot. Tapi percayalah bahwa hasil yang ditawarkan akan sangat sebanding. Jadi, selamat mencoba ya! Jangan lupa sering-sering mampir ke website Qasir www.qasir.id. Buat yang belum tahu, website Qasir tampil dengan wajah baru, lho.

 

Share artikel ini