Tips

Ini Dia Hobi yang Bisa Jadi Lahan Uang

17 Sep 2019, Ditulis oleh putri

Ini Dia Hobi yang Bisa Jadi Lahan Uang

BossQ, kamu pasti punya hobi, kan? Hampir bisa dipastikan setiap orang memiliki hobi yang spesifik. Biasanya, hobi dilakukan di kala senggang untuk menghilangkan stres. Tapi tahukah kamu hobi juga bisa menjadi sumber penghasilan? Nah, kali ini Qasir akan membahas beberapa hobi yang bisa jadi cuan. Yuk, simak daftarnya. Siapa hobi kamu salah satunya!

1. Menulis

Siapa yang dari kecil suka nulis diary? Hey! Buat kamu yang sejak kecil punya yang punya hobi menulis, bisa kamu manfaatkan jadi penghasilan lho. Misalnya, dengan menulis cerita pendek, novel, atau bahkan menjadi penulis lepas. Yap, untuk menjadi penulis kamu bahkan gak perlu datang ke kantor dan bisa bekerja di mana saja. Misalnya, kamu menjadi seorang penulis lepas untuk media atau website-website tertentu. Nantinya kamu akan diupah per tulisan. Semakin tinggi jam terbang kamu, semakin besar juga upah yang kamu dapat.

Atau jika kamu mampu untuk menerbitkan berbagai macam buku, jangan ragu untuk menerbitkannya ke beberapa penerbit. Pasti bangga jika melihat bukunya mejeng di toko buku!

2. Hobi Fotografi

Memotret

Bagi kamu pecinta fotografi, ternyata ada lahan uang yang bisa kamu manfaatkan dari hasil jepretan kamu. Nggak percaya? Pertama, kamu bisa menjual karya-karya kamu di beberapa website penyedia layanan stock photo. Kemudian, kamu bisa menjadi fotografer freelance yang menyediakan jasa motret momen-momen penting seseorang, misalnya fotografer weddingevent, hingga keperluan iklan. Yang terpenting, kamu menyimpan rapi dengan baik portofolio kamu. Kamu bisa susun berdasarkan klien mana saja yang bisa kamu pegang untuk semakin meyakinkan calon klien untuk memilih kamu. Ssst, bayaran fotografer mahal lho!

3. Melukis

Melukis

Segala sesuatu yang berhubungan dengan seni, pasti memiliki nilai tersendiri. Tidak jauh berbeda dengan menulis atau memotret, melukis juga menghasilkan karya yang dapat menggemparkan dunia dan bernilai hingga ratusan juta rupiah lho. Melukis tidak hanya menggoreskan cat di atas kanvas, tapi juga mempunyai keindahan dan karakter sendiri, sehingga harganya pun bisa menjulang tinggi.

4. Bermain Musik

Buat kamu yang hobi musik, kamu bisa menekuninya dengan menghasilkan karya sendiri. Sudah banyak lho musisi Indonesia yang sukses dari nol berkat karya-karya dan kegigihannya dalam mempromosikan karya mereka ke masyarakat. Atau buat kamu yang lebih suka menghibur pendengar lewat karya-karya orang lain, kamu juga bisa manggung secara reguler di kafe-kafe atau mal sebagai session player. Penghasilannya lumayan lho.

5. Memasak

Memasak

Daripada kemampuan masakmu hanya dinikmati untuk kalangan rumah, ada baiknya kamu berpikir untuk membuka usaha kuliner. Bisa dimulai dari yang sederhana lho, misalnya dengan membuat jajanan-jajanan kecil dan menjualnya di kampus atau di sekolah. Bisa juga dititipkan ke penjual kue basah di pasar, misalnya. Nah, kalau kamu mau lebih serius lagi, kamu bisa membuka kedaimu sendiri. Sekarang ini banyak juga kok yang sukses lewat usaha kuliner kecil-kecilan yang kemudian berkembang besar.

6. Travelling

Tevelling

Nggak bisa dipungkiri kalau anak muda zaman sekarang itu suka banget pergi traveling. Mulai dari camping atau hiking di gunung, pergi ke pantai, atau sekadar berwisata di kota-kota baru. Nah, kalau kamu punya hobi traveling, kamu bisa lho mendapatkan penghasilan tambahan, misalnya dengan menjadi tour guide di tempat yang kamu kunjungi. Eits, tapi usahakan kamu bisa berbahasa Inggris ya untuk menjamu turis-turis dari luar negeri. Sebagai tambahan, kamu bisa menghasilkan tulisan serta foto-foto dari hasil jalan-jalan kamu. Terus kirim deh ke beberapa website atau media untuk dijadikan artikel. Atau buat kamu yang hobi belanja sekaligus jalan-jalan ke luar negeri, kamu bisa lho membuka jastip pada kerabatmu. Margin yang kamu ambil dari membelikan barang titipan itulah yang akan jadi penghasilanmu.

7. Desain Grafis

Jangan sia-siakan kemampuanmu yang satu ini. Bagi yang suka mengutak-ngatik Photoshop atau Illustrator untuk menggambar, jasa desainer grafis sangat dicari lho di dunia kerja. Tinggal merapikan portofolio yang kamu miliki, kamu bisa menawarkan jasa kamu pada beberapa calon klien. Serupa dengan fotografi, jasa desainer grafis juga tinggi lho harganya.

8. Menggambar Karikatur dan Komik

Berbeda dengan melukis yang lebih mementingkan unsur keindahan dalam garis dan coretan, membuat karikatur dan komik bisa dijadikan lahan penghasilan karena ada suatu rangkaian cerita yang ingin digambarkan. Kamu bisa bekerja sama dengan temanmu yang hebat dalam merangkai cerita dan kamu sendiri yang menggambarnya. Ada banyak situs yang menghasilkan pundi-pundi uang lewat karya komikmu lho seperti beberapa layanan penyedia webtoon.

9. Belanja

Belanja

Bagi para cewek-cewek yang suka berbelanja, ternyata belanja itu tidak hanya menghambur-hamburkan uang, kamu juga bisa mengambil manfaat dari sifat gila belanja kamu menjadi penghasilan. Pertama, kamu dapat menjual kembali barang-barang belanjaanmu dengan harga yang lebih mahal. Kedua, kamu bisa bekerja sama dengan toko offline atau online yang sudah kamu percaya untuk menjadi dropshipper. Biasanya mereka akan memberikan harga miring buat kamu yang sudah berlangganan. Terakhir, tentu saja jastip buat kamu yang hobi jalan-jalan ke luar negeri.

10. Public Speaking

Boleh jadi, jiwa jago ngomong kamu berangkat dari gosip atau membicarakan orang lain Meski itu adalah kebiasaan atau hobi yang biasanya dinilai buruk, bergosip bisa dijadikan kesempatan buat kamu untuk mendapatkan pundi-pundi uang. Coba ambil sisi positifnya. Pertama, kamu harus memiliki skill berbicara yang baik. Kemudian, tentu saja kamu bisa mendaftarkan diri sebagai seorang pembawa berita entertainment atau berita nasional. Buat kamu yang cara bicaranya luwes, kamu juga bisa mengasah kemampuanmu untuk menjadi hostatau pemandu acara yang membawa suasana menjadi lebih asik dan menyenangkan.

12. Menjahit

Menjahit

Kamu yang sukanya mendesain baju-baju sendiri, jangan hanya dinikmati untuk sendiri saja. Coba deh, kembangkan lagi kemampuan kamu dengan berkreasi lebih banyak lewat desain-desain yang unik. Kemudian sebagai awalan, kamu postingbaju tersebut di media sosial dan menjualnya lewat sana. Atau kamu bisa menjualnya dulu ke teman-teman terdekat. Kalau mereka suka, berarti kamu memiliki potensi untuk berkembang dan mulai memasarkan produk kamu lebih luas lagi.

Nah itulah tadi, hobi-hobi yang bisa kamu manfaatkan agar menjadi lahan penghasilan. Bagaimana? Apakah ada yang kamu miliki? Kalau ada, yuk manfaatkan supaya kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Tertarik mencoba?

 

 

Share artikel ini