Tips

“STOKNYA TINGGAL BERAPA?”

By putri • 27 Jun 2019

INI BAHAYANYA JIKA BOSSQ NGGAK TAHU STOK DAGANGAN SENDIRI    


Urusan nyatet stok sering banget disepelekan para pelaku usaha, terutama pedagang kecil (UMKM). Padahal, pengelolaan stok yang rapi adalah salah satu indikator suatu usaha dikatakan sehat atau tidak. Seringnya, para pedagang ini merasa bisa mengingat semua stok di luar kepala.  Iya, jika jumlah stok barangnya sedikit. Bagaimana kalau banyak? Mustahil kan bisa mengingat, apalagi mengelolanya.  Akibatnya, pelaku UKM sering nggak menyadari kalau  barangnya “hilang” atau “rusak”.

Inilah bahayanya jika BossQ tidak mengetahui jumlah stok barang secara akurat:

1. Barang hilang/ rusak/ pindah tangan tanpa sepengetahuan pemilik

2. Terjadi kesalahan hitung barang pada saat transaksi

3. Mengganggu jadwal pengiriman barang

4. Mengecewakan pelanggan jika ternyata  barang kurang atau bahkan kosong

5. Jadwal pengiriman bisa tertunda

6. Kerugian akibat barang hilang atau rusak tidak termonitor

Nah, supaya BossQ tidak mengalami hal-hal seperti itu, Qasir akan memberikan tips mengelola stok barang buat kamu.

1. Atur Penyimpanan dengan Rapi Berdasar Kategori

Pengaturan yang rapi akan memudahkan BossQ dalam mencari produk. Selain itu jika ada produk yang rusak akan mudah terdeteksi.

2. Membuat Daftar dan Jumlah Stok Barang

Dengan daftar ini BossQ bisa dengan mudah mengetahui barang mana yang sering terjual dan mana yang tidak terlalu laris.

3. Memantau Pergerakan Barang

Jika sudah punya catatan, otomatis BossQ akan tahu jika barang mulai menipis, sebelum benar-benar kosong.  BossQ  juga bisa segera memesan kembali tanpa harus menunggu barang habis. Pelanggan pun tidak akan kecewa karena yang mereka cari selalu tersedia.

4. Membuat  Pengecekan Stok Opname Secara Berkala

Memastikan stok yang tercatat sama dengan stok fisik. Baik kuantitas maupun kualitas. Dengan demikian BossQ akan tahu jika ada barang yang selisih jumlahnya,  maupun yang kondisinya sudah tidak baik.

 

Repot ya???? Iya,  kami tahu mengelola stok barang, apa lagi kalau jumlah dan variannya banyak, tentu sangat merepotkan dan membutuhkan waktu.  Apalagi kalau mencatatnya masih menggunakan cara manual, dengan pulpen kertas. Belum lagi kalau catatannya tercecer.  Sementara pelanggan sudah mengantre untuk berbelanja di toko.  Makanya,  kami buatkan aplikasi POS Qasir untuk BossQ semua.

Gratis!! Iya, gratis. Tinggal download, lalu lakukan registrasi. Kalau sudah, masuklah ke fitur “Produk”. Di situ BossQ akan bisa dengan mudah mencatat semua barang, sesuai jenis barang, varian produk, beserta harga dan jumlahnya. Semua produk yang keluar masuk pun akan termonitor secara sistem. Ngga perlu pulpen dan kertas lagi. BossQ juga akan  bisa melihat produk mana yang paling laris, juga yang masih menumpuk stoknya.

 

Jadi jangan malas lagi ya mengelola stok. Kan ada Qasir.