Tips

Strategi Menentukan Promo yang Efektif untuk Pengusaha Kopi

04 Oct 2019, Ditulis oleh putri

Strategi Menentukan Promo yang Efektif untuk Pengusaha Kopi

Maraknya bisnis kopi membawa kabar menggembirakan, terutama penggemar kopi. Jika kopi enak sebelumnya hanya bisa didapat di coffee shop brand besar, kini sudah bisa juga dinikmati dari kedai-kedai kopi kecil. Sebagai pembeli, kita jadi bisa memilih kopi mana yang paling pas dengan lidah dan kantong kita.

 

Pusat Data dan Sistem Informasi Kementerian Pertanian mencatat, pada tahun 2018 saja, konsumsi kopi nasional mencapai angka 314.000 ton dan meningkat 13,83% dibanding tahun sebelumnya. 

 

Perkembangan ini tak ayal membuat persaingan usaha kopi pun makin ketat. Tapi nggak usah takut kehilangan “jatah kue market” di bisnis kopi, karena ada caranya untuk bikin bisnis kopi kamu tetap beromset gede di tengah persaingan.

 

Salah satunya dengan strategi promo yang tepat. Seperti apa itu? Simak, BossQ!

https://lh5.googleusercontent.com/v9hr7MgQVfhPRIQvlk4_iK9y1ErbHnCTV8ey5z-f8jO6pb6D6NYk6IivE722g6sL29P5R4WUYliWy0qXmIfOoEnxWtORFWKMJ32dlUivhAJ3tIBd4B4PF0n20SN8fCYzFbYPJ5t-

https://unsplash.com/photos/7_AZi5Fe-rU

 

1. Manfaatkan media sosial

 

Hampir semua orang memiliki akun media sosial. Jadi, nggak heran kalau banyak pebisnis yang sangat memanfaatkan platform ini. Dengan media sosial, kamu bisa meningkatkan brand awareness sekaligus meningkatkan engagement dengan customer supaya bisnis kedai kopi kamu makin dikenal.

 

Kuncinya, kamu harus rajin nge-post dan update akun media sosial bisnis kopi kamu. Ajak orang-orang terdekat untuk ikut follow akunmu. Kalau kamu punya budget lebih kamu juga bisa beriklan dengan Instagram Ads ataupun Facebook Ads. Budgetnya juga murah lho, mulai dari Rp10.000 per hari, kemudian kamu juga bisa mengatur sendiri siapa dan seperti apakah orang yang menjadi target pasarmu.

 

2. Promo cashback buat yang menggunakan e-wallet

 

Coba deh kamu perhatikan. Setiap tanggal gajian, pasti banyak toko makanan yang memajang banner cashback dari beberapa perusahaan e-wallet seperti OVO dan GOPAY. Gak tanggung-tanggung, promonya bisa mencapai 50% lho. Cara ini bisa kamu adaptasi  di kedai kopi kamu. A promo cashback, tentu akan semakin menarik minat mereka untuk membeli kopi kamu. Mereka untung, begitu pun kamu karena selain meningkatkan volume penjualan, traffic kunjungan ke kedai kopimu pun jadi tinggi.

 

3. Undang influencer dan blogger untuk review

 

Bisa dimulai dengan mengundang mereka untuk mereview kedai kopi milikmu dan biarkan mereka foto-foto serta mencicipi kopi. Setelah itu, untuk influencer, mereka akan memposting pengalaman mereka berkunjung ke kedai kopimu di media sosial masing-masin. Sementara untuk para blogger, mereka akan menulis review dan mempublikasikannya melalui blog mereka.

 

4. Manfaatkan momen-momen tertentu untuk promo

 

Nggak cuma cashback di tanggal gajian. Kamu pun bisa memanfaatkan momen-momen tertentu untuk melakukan promo. Misalnya, dengan memanfaatkan Hari Valentine, kamu bisa memberikan promo Buy 1 Get 1 free untuk yang membeli kopi bersama pacar. Atau bisa juga memberikan diskon sebanyak 25% untuk para pelajar dan mahasiswa di hari biasa. Strategi-strategi seperti ini bisa menjadi salah satu cara menarik lebih banyak pelanggan lho. Tinggal bagaimana kamu mengemasnya. Yang penting, harus diperhitungkan supaya kamu tidak merugi.

 

5. Penting! Memilih lokasi yang strategis

 

Sederhananya, percuma jika kamu memiliki kedai kopi dengan konsep yang bagus namun penempatannya ada di daerah yang sulit dijangkau. Dengan memilih lokasi yang strategis, kamu meningkatkan kesempatan kedai kopimu dilirik calon pelanggan. Pilih area-area yang ramai, mudah dijangkau, dan memiliki lahan parkir yang cukup.

 

Semoga dengan tips ini, omset kedai kopimu makin melonjak BossQ!

Share artikel ini