Tips

Wajib Tahu! Ini 5 Keuntungan yang Bisa Kamu Dapat dengan Transaksi Cashless

By putri • 04 Sep 2019

Perkembangan cara transaksi semakin hari semakin pesat.  Bayar apa pun juga jadi semakin mudah dan cepat. Tapi kamu masih ingat nggak kalau transaksi cashless atau non tunai sebenarnya sudah dimulai sejak kehadiran kartu debit, kartu kredit, dan pembayaran melalui mesin EDC. Kemudian berkembang lagi dengan adanya mobile banking, internet banking. Belakangan muncul uang elektronik, disusul layanan e-wallet yang beragam yang hanya membutuhkan smartphone untuk segala transaksi.

Kehadiran berbagai layanan e-commerce di Indonesia juga menjadi salah satu faktor yang menyebabkan pertumbuhan transaksi cashless berkembang pesat. Tercatat pada Januari 2019, pertumbuhan transaksi cashless di Indonesia meningkat sekitar 15,3%. 

Lalu sebenarnya apa sih keuntungan beralih ke cashless?

  1. Aman dan praktis

Sudah menjadi rahasia umum kalau menyimpan uang tunai memiliki resiko. Memakan banyak ruang baik di dompet ataupun di saku celana, hingga rawan pencurian. Berbeda dengan non tunai, seperti kartu debit misalnya yang mengandalkan chip untuk bertransaksi. Atau ada juga e-wallet yang bentuknya server based, sehingga informasi saldo bisa kamu cek hanya melalui aplikasi smartphone. Bertransaksi pun jadi lebih praktis karena kamu nggak perlu memikirkan uang kembalian.

  1. Adanya promo dan reward bagi para pengguna

Pernahkah kalian mencari promo cashback di restoran outlet makanan tertentu ketika baru saja gajian? Yap, promo dan reward adalah salah satu keuntungan yang bisa didapatkan oleh para pengguna e-wallet lho. Perusahaan sejenis seperti OVO, GOPAY, dan sebagainya kerap kali mengadakan promo cashback bahkan hingga 50% kepada para pelanggan yang ingin bertransaksi. 

Kita tahu bahwa sebagian besar orang pasti akan selalu tertarik dengan diskon dan promo. Oleh karena itu tidak hanya pelanggan saja yang diuntungkan, pemilik bisnis pun jadi terbantu karena jadi mendatangkan lebih banyak pelanggan. Jadi solusi win-win ‘kan?

  1. Mempermudah transaksi belanja online

Salah satu yang membuat belanja online semakin populer adalah karena adanya layanan pembayaran secara non tunai. Sehingga, belanja pun jadi semakin mudah. Bayangkan, hanya dengan sentuhan jari, voila, barang sampai rumah sehari kemudian. Meski beberapa layanan e-commerce sudah menyediakan pembayaran menggunakan e-wallet, namun rupanya penggunaan mobile banking dan kartu kredit untuk belanja online masih mendominasi, lho.

  1. Arus keuangan lebih terpantau

Setiap kamu bertransaksi secara non tunai, semua transaksi akan tercatat di dalam sistem secara akurat. Sehingga kamu bisa mengecek pengeluaran kamu mengalir ke mana saja. Hal ini cukup berguna buat kamu yang kesulitan membuat bujet pengeluaran setiap bulannya. Sehingga, pengeluaran kamu jadi lebih teratur.

  1. Transaksi cashless sudah diterima di banyak tempat

Nah, kamu nggak perlu khawatir untuk beralih ke cashless karena sekarang hampir sebagian besar usaha, baik retail, restoran, hingga jasa sudah menyediakan transaksi cashless. Dari yang sederhana seperti penyediaan mesin EDC, hingga transaksi menggunakan e-wallet. Contohnya saja, usaha yang menggunakan Qasir sebagai point of sale, kini sudah bisa menerima transaksi menggunakan DANA. OVO, GOPAY, dan LinkAja  juga akan segera menyusul. Jadi gimana, sudah siap jadi bagian dari cashless society?