Event

Sahabat UMKM, Komunitas yang Memajukan UMKM

By kiki • 11 Jul 2018

Seiring dengan berkembangnya jumlah pelaku industri UMKM di Indonesia, berpengaruh juga pada perkembangan komunitas UMKM di Indonesia. Namun semakin berkembang UMKM di Indonesia maka masalah yang di rasa oleh para pelaku UMKM dalam menjalankan usahanya juga semakin bertambah. Banyak juga kebutuhan yang belum terstruktur dan tercapai solusinya. Karena sebenarnya, jika dikembangkan dengan baik UMKM dapat menjadi pilar ekonomi rakyat Indonesia.

Karena latar belakang itu, dibentuklah sebuah komunitas yang mempertemukan antara pelaku UMKM dan Profesional Kewirausahaan yang kita kenal sekarang dengan nama “Sahabat UMKM”. Komunitas ini dibangun dengan prinsip komunikasi positif dan saling membangun. Sahabat UMKM juga bisa menjadi sarana penyampaian ilmu dan wadah interaksi bagi para pelaku usaha untuk saling berkontribusi, bertukar pikiran , dan berbagi pengalaman dalam membangun serta mengembangkan jaringan usaha.

Karena itu Qasir berkolaborasi dengan Sahabat UMKM mengadakan kelas untuk memberikan pelatihan kepada anggota Sahabat UMKM dalam mengelola bisnis dengan menggunakan sistem point of sales. Kami juga mengundang salah satu owner dari PT.Kato Kuliner Indonesia untuk sharing tentang Branding dan Marketing.

Harapan kami dengan adanya kelas ini, maka dapat mempererat tali silaturahmi terhadap sesama pelaku UMKM. Selain itu juga kami berharap kelas komunitas ini dapat memberikan ilmu yang nantinya bisa di pakai para pelaku UMKM agar dapat bersaing di pasar global.