Inspirasi

Daftar Produk Terlaris di Jajaran Kelontong

By putri • 31 Oct 2019

Di Indonesia, usaha kelontong sudah lama jadi pilihan mereka yang ingin punya mulai bisnis sendiri namun nggak ngantongin modal besar. Selain faktor modal, buka toko kelontong juga banyak disukai karena tidak perlu tempat khusus, bahkan bisa dibuka di teras rumah. Tidak hanya bisa diandalkan sebagai sumber penghasilan tambahan, usaha kelontong jika dikelola dengan benar, juga bisa jadi mata pencarian utama, lho. Itu mengapa hingga saat ini, toko kelontong baru nggak pernah berhenti tumbuh. 

Meski begitu, jangan dikira membangun usaha kelontong nggak perlu ilmu dan strategi. Banyak banget yang perlu kamu rencanakan biar usaha kamu bisa bertahan dan untung terus. Salah satunya, dengan mengetahui barang-barang wajib yang harus selalu ada di toko kelontong kamu. Buat BossQ yang ingin punya toko kelontong sendiri atau yang sudah punya toko kelontong, Qasir sudah menyiapkan daftar barang grosir yang paling laris buat kamu yang kami rangkum dari data Qasir. Data diambil dari kurang lebih 2000 kelontong yang belanja di wilayah Jabodetabek. Simak yuk!

1. Teh Kemasan

Untuk teh kemasan, ada dua merek yang paling sering dicari di warung-warung, khususnya di Jabodetabek. Yang pertama Teh Pucuk Harum. Merek ini bisa dibilang primadona di kelasnya. Di wilayah Jabodetabek saja, rata-rata teh merek ini terjual 7 ribu karton setiap bulannya. Posisi kedua penjualan teh kemasan dipegang oleh Teh Gelas. Produk minuman teh yang harganya lebih ekonomis ini meraup penjualan rata-rata di atas seratus karton per bulannya.

2. Kopi Sachet 

Kopi sachet-an bisa dibilang penyumbang income yang nggak main-main bagi para  pedagang kelontong. Kopi sachetan yang paling laris nomer wahid diduduki oleh Kapal Api Special Mix. Dalam sebulan, rata-rata produk ini terjual hingga 5 ribu karton, lho. Indocafe Coffeemix menduduki posisi kedua dengan rata-rata penjualan lima ratusan karton.  Produk kopi sachet paling laku ketiga adalah ABC Susu dengan rata-rata penjualan 120-an karton. Selanjutnya, Luwak White Coffee. Kopi sachet ini juga termasuk yang laris dengan rata-rata penjualannya dalam sebulan seratus karton lebih.

3. Air Mineral

Air mineral adalah satu jenis produk yang wajib selalu tersedia di toko kelontong. Di antara banyak merek air mineral, ada dua merek yang perlu kamu jaga stoknya. Pertama adalah Aqua botol 600ml. Produk ini menurut catatan Qasir, bisa terjual hingga 2 ribu karton dalam sebulan. Produk air mineral nomor dua yang paling dicari adalah Le Minerale. Air mineral yang katanya ada manis-manisnya ini terjual lebih dari seratus karton perbulan.

4. Mie Instan

Siapa yang nggak suka mie instan? Makanan “sejuta umat” ini memang punya tempat tersendiri di perut masyarakat kita. Nggak heran kalau penjualannya pun nggak pernah sepi tiap bulannya. Sebut saja Indomie Soto, juara mie instan yang dalam sebulan bisa terjual hingga 1.700 karton. Posisi kedua diduduki Indomie Goreng yang rata-rata penjualan tiap bulannya mencapai 1000 karton. Mie instan ketiga yang paling laris adalah Indomie Ayam Bawang. Indomie rasa ini terjual hingga 100 dus setiap bulannya. Eits, masih ada lagi mie instan primadona di jajaran kelontong, yaitu Mie Sedaap Goreng. Mie yang bukan berasal dari klan Indomie ini berhasil terjual hingga 128 dus dalam sebulan. 

5. Minyak Goreng

Produk terakhir yang wajib kamu jaga ketersediaanya di toko kelontongmu adalah minyak goreng. Nah, untuk kalangan minyak goreng, Tropical kemasan refill 1 liter adalah yang terlaris dengan total penjualan 500 karton dalam sebulan.

BossQ, selain paling laris, beberapa produk tadi juga jadi yang paling sering promo lho di aplikasi Miqro. Jadi buat kamu yang punya toko kelontong atau berencana buka kelontong dalam waktu dekat, langsung aja update aplikasi Mitra Qasir kamu, karena sekarang namanya sudah berubah jadi Miqro di http://bit.ly/Blog_miqro. Selain banyak promo, belanja di Miqro juga lebih praktis dan irit ongkos, karena ongkir yang dikenai masih jauh lebih murah jika dibanding biaya dan tenaga yang harus kamu keluarkan kalau belanja langsung.