Inspirasi

Gini Cara Optimalkan Media Sosial Kamu Biar Cuan

11 Nov 2019, Ditulis oleh putri

Gini Cara Optimalkan Media Sosial Kamu Biar Cuan

Kalau selama ini kamu menggunakan media sosial hanya untuk bersenang-senang, coba pikirkan lagi, deh. Zaman udah semakin canggih, jangan sampai  kamu menyia-nyiakannya hanya untuk sesuatu yang nggak jelas manfaatnya. Lebih baik dipakai untuk majuin usahamu, kan? Penasaran bagaimana caranya? Yuk simak cara paling tepat mengoptimalkan media sosial untuk bisnis!

 

1. Tentukan Tujuan

 

Namanya juga jualan, pasti tujuannya untuk dapat keuntungan yang besar kan? Iya...tapi tunggu dulu, pekara promosi sosial media, ada yang namanya perkenalan dulu baru ngajak orang beli. Kalau produkmu masih baru atau akun medsosnya masih baru, mau nggak mau kamu bisa mulai dengan sesi perkenalan. Pada sesi ini kamu harus banyak-banyakin posting info produk dan testimonial. Gunanya untuk meyakinkan orang dengan produkmu terlebih dulu. 

 

Kalau sudah melewati sesi perkenalan, baru deh kamu genjot sesi “ngajak” orang untuk membeli. Caranya, info produk bisa diselipkan promo-promo potongan harga dan giveaway. Gaspol! 

 

2. Siapa Tergetmu?

 

Yap, ini juga sangat penting. Kamu harus mengenali target pasarmu terlebih dahulu. Setelah itu, kamu bisa menyesuaikan target audience media sosial yang kira-kira sesuai dengan target pasarmu. Nah hal ini perlu kamu pikirkan matang-matang, seperti misalnya perilaku atau hobi dari target audience yang kamu incar. Jangan sampai kamu salah menargetkan ya, nanti bukannya mereka tertarik dengan produkmu, eh malah unfollow akun kamu.

 

3. Buat Jadwal

 

Menentukan hal apa yang ingin kamu post di media sosial nggak bisa asal lho. Keteraturan dan kualitas konten harus diperhatikan. Memiliki jadwal postingan yang tepat dan tema yang memiliki benang merah akan memperbagus feed yang kamu. Buatlah content plan per bulan yang berisi tentang berapa jumlah postingan yang akan kamu tayangkan beserta dengan topiknya. Jangan lupa, sertakan caption yang paling menarik ya.

 

4. Perhatikan Estetikanya

 

Masih bicara soal konten, kamu juga harus memperhatikan keindahan konten-kontenmu. Keindahan visual yang tepat bisa menarik perhatian para followers-mu lho. Tipsnya, coba lah ikuti tren yang sedang viral dan cocok untuk konten bisnismu. Untuk desainnya, nggak perlu yang susah kok, asal rapi dan enak dilihat, kontenmu akan menarik! Dan seperti yang sudah dibilang di poin sebelumnya, usahakan agar tone-nya seragam ya.

 

5. Pantau Statistiknya

 

Dalam membuat sebuah strategi bisnis dengan menggunakan media sosial, nggak bisa hanya sekadar posting saja. Kamu juga harus rutin mengecek statistik sosial mediamu. Misalnya, berapa jumlah orang yang datang ke sosial mediamu setiap minggunya, dan berapa jumlah komentar dan like yang kamu dapatkan. Statistik ini bisa menjadi tolok ukur kamu untuk mengembangkan bisnis di media sosial. Dari situ, kamu bisa menelaah kira-kira langkah apa yang selanjutnya harus kamu ambil agar performa semakin meningkat. Kalau itu instagram, pastikan kamu pakai yang versi business agar bisa memantau statistiknya.

 

6. Manfaatkan Ads

 

Nah kalau kelima hal di atas sudah kamu jalankan, kamu bisa tambahkan booster dengan menggunakan ads yang disediakan oleh platform. Walaupun cara ini berbayar, tapi dengan adanya ads ini, bisnismu akan sangat terbantu dan menjangkau lebih banyak orang jika dibanding dengan posting secara organik.

 

Nah, itulah beberapa cara tepat menggunakan media sosial untuk bisnis. Jangan pernah takut mencoba dan takut gagal jika merintis usaha ya, soalnya semakin banyak kita salah maka akan semakin banyak kita belajar.

 

Share artikel ini