Inspirasi

Ini Kelebihan POS di Aplikasi Miqro yang Tidak Ada di Aplikasi Manapun

04 Dec 2019, Ditulis oleh putri

Ini Kelebihan POS di Aplikasi Miqro yang Tidak Ada di Aplikasi Manapun

Kalau kamu sudah membuka blog ini, pasti kamu sudah kenal aplikasi Qasir dan Miqro, ya. Yap, dua aplikasi yang paling mengerti usahawan ini, saat ini tengah bertumbuh pesat dengan penyebaran pengguna yang semakin luar di seluruh Indonesia. Qasir POS bahkan sudah menembus 100 ribu pengguna, naik dua puluh kali lipat hanya dalam waktu satu tahun saja. Qasir POS paling tepat #BuatKamu yang ingin punya sistem kasir online canggih yang bisa memantau transaksi, stok, produk terlaris, kelola karyawan dan toko, dan masih banyak lagi. 

Sedangkan Miqro adalah “adik” dari Qasir POS yang tadinya bernama Mitra Qasir. Aplikasi ini diciptakan untuk usahawan mikro yang memerlukan akses belanja grosir online, jaringan PPOB, pembayaran digital hingga pembiayaan. 

Tapi tahukah kamu kalau kini di aplikasi Miqro pun ada POS-nya? Lah terus apa dong bedanya sama Qasir POS? Sebelum menjelaskan bedanya, kita ulang dulu yuk, siapa tahu ada yang belum tahu POS.

POS atau Point of Sales merupakan sebuah aplikasi kasir yang digunakan untuk aktivitas transaksi di sebuah toko. Bisa dibilang, POS merupakan gabungan antara check-out counter dengan mesin kasir itu. Fungsinya, tentu saja untuk membuat transaksi lebih efisien karena sudah tercatat secara otomatis di dalam sistem. Jadi kamu nggak perlu lagi untuk menghitung transaksi secara manual dengan kalkulator. POS bahkan memungkinkan kamu untuk mencetak struk untuk pelanggan.

Nah, seperti yang disebut di awal tadi, sekarang di Miqro kamu juga bisa melakukan catat transaksi layaknya pada aplikasi Qasir POS. Tapi....yang ini adalah POS versi mini. Sengaja dibikin lebih praktis untuk kamu usahawan mikro yang belum punya karyawan dan bakal kerepotan banget jika harus input informasi produk satu per satu. Iya, Qasir.id memang paling ngerti usahawan.

Aplikasi ini cocok untuk untuk usahawan mikro apa aja. Mulai dari pedagang kelontong, pedagang kaki lima, booth-booth di bazaar dan pop up market, food truck, booth jajanan, dll. 

Berikut cara menggunakan fitur Catat di aplikasi Miqro

  1. Setelah kamu berhasil login toko, kamu bisa klik menu "Catat" seperti gambar dibawah ini : 

2. Berikut tampilan Fitur "Catat" pada aplikasi Miqro Qasir :

  • Tombol Laporan : untuk melihat histori transaksi.

  • Tombol Backspace : untuk menghapus satu persatu nominal yang telah di input.

  • Tombol Kali (x) : untuk mengalikan nominal yang telah di input.

  • Tombol Tambah (+) : untuk menambahkan nominal yang telah di input ke dalam halaman produk atau keranjang.

  • Tombol Jual : untuk meneruskan transaksi ke halaman pilih metode pembayaran.

  • Keterangan Produk : keterangan yang menunjukan jumlah produk yang telah ditambahkan.

3. Setelah selesai menghitung, kamu bisa kroscek kembali hitungan tadi di halaman Produk dengan cara menggeser ke atas. Jika sudah yakin, klik Jual.

4. Kamu dapat mengganti nominal uang yang diterima lalu pilih "Terima"

5. Akan muncul keterangan "Transaksi Berhasil"

 

Mulai sekarang jangan ragu lagi untuk mencatat transaksi usaha kamu. Tinggal download aplikasi Miqro di Google Playstore, langsung deh pakai untuk bantu jualan kamu. 

Kalau masih ada pertanyaan seputar Fitur Catat, kamu dapat langsung menghubungi Customer Happiness Team kami melalui Live Chat di fitur Bantuan di aplikasi Miqro. Dapat juga melalui Website Qasir https://bantuan.qasir.id dan e-mail hello@qasir.id. 

 

Share artikel ini