Inspirasi

Laporan yang Terpantau Menjaga Usahamu Tetap Sehat 

12 Jun 2020, Ditulis oleh Putri Anggia

Laporan yang Terpantau Menjaga Usahamu Tetap Sehat 

Menjalankan usaha bukan hanya tentang menjual. Ada banyak yang harus dilakukan jika ingin usaha semakin berkembang, antara lain melakukan pemantauan atas laporan. Mengapa ini penting? 

Salah satunya agar bisa menjadi top of mind di kancah persaingan konsumen. Untuk itu, penting untuk selalu memantau informasi dan data atas usahamu. Bukan hanya itu, kamu juga memerlukan laporan untuk mendapatkan masukan berguna tentang performa usaha. Hanya dengan cara inilah, kamu dapat mengetahui apa strategi yang berhasil, dan apa yang tidak. Kamu juga jadi tahu apa yang perlu kamu ubah untuk tumbuh dan berkembang. 

Baca juga: Mengubah Laporan Usaha Menjadi Insight 

Semua informasi tadi bisa kamu dapatkan jika kamu memiliki laporan yang rinci dan tersusun rapi secara berkala. Namun tidak cukup hanya memiliki, laporan tadi juga harus kamu pantau terus-menerus, baik itu secara harian, mingguan, bulanan, dan tahunan. Itu mengapa setiap pemilik usaha atau pembuat keputusan (manager ataupun supervisor) harus dapat bisa membaca dan menganalisa apa yang tertulis dalam laporan.

Di sinilah permasalahannya. Pada awal-awal membangun usaha, kegiatan mengecek laporan mungkin masih menyenangkan buatmu, karena ketika itu komponen yang diperiksa masih sederhana dan belum kompleks. Begitu usahamu sudah berjalan cukup lama, produknya bertambah jumlah dan variasinya, jumlah pembelinya juga semakin meningkat, bahkan ketika outletmu bertambah, gairah untuk memantau laporan sering kali menurun. Rutinitas ini pun jadi suatu yang membosankan. Belum lagi, kesibukan lain menjadi dalih kamu tidak bisa sering-sering memantau laporan. 

Ya, laporan yang kompleks memang tak ayal membuatmu pusing dan stress. Namun sebenarnya ini tidak perlu terjadi jika laporan itu disajikan dalam bentuk grafis yang mudah dibaca dan dipahami. Namun ini hanya bisa kamu dapatkan jika kamu menggunakan poin of sale  (POS) yang berkualitas. POS yang berkualitas mampu menyajikan data laporan dengan cara yang memudahkan dan menyenangkan penggunanya. Seperti laporan yang bisa kamu dapat dari Dashboard Qasir

Apa yang bisa dilakukan dengan laporan di Dashboard? 

Jika kamu perhatikan, laporan bukan hanya tentang berapa penjualanmu, berapa keuntungan, berapa banyak produk yang habis. Tapi ada lagi yang bisa kamu ambil dari sana, yaitu data. Data bisa menunjukkan aneka informasi, misalnya tipe order apa yang paling banyak diminati di tokomu, atau pelanggan dengan usia berapa yang paling banyak belanja ke outletmu, menu apa saja yang laris di akhir pekan, promosi jenis apa yang paling efektif, dan hal-hal semacam itu. Data seperti ini sangat berharga jika kamu hendak menentukan strategi usaha.

Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan dengan laporan yang terpantau:

1. Menemukan sumber masalah. Ketika kamu merasa ada yang kurang beres dengan penjualan suatu produk bulan ini, kamu bisa membuktikannya melalui laporan. 

2. Membuat rekomendasi. Setelah diidentifikasi, masalah perlu diselesaikan. Dengan data, kamu bisa membuat ramuan rekomendasi yang lebih tepat sasaran ketimbang jika kamu hanya menggunakan intuisi ataupun perkiraanmu saja. 

3. Menguji strategi. Laporan yang baru bisa memberitahu kita apakah strategi yang kita jalankan berhasil atau tidak. 

Kalau begitu laporan apa saja yang harus dimiliki?

Paling tidak, ada 3 kategori laporan usaha yang harus dimiliki dalam  setiap laporan usaha:

1. Laporan Penjualan. Ini adalah urat nadi dari usaha kamu. Laporan penjualan adalah semua yang berhubungan dengan pemasukan. Baik itu jumlahnya, peningkatannya, maupun sumbernya. Laporan penjualan dapat membantu kamu menganalisis tren volume penjualan dari waktu ke waktu untuk memastikan usaha kamu sehat. 

2. Laporan Produk. Ini  berguna untuk memahami kebutuhan restock dan menentukan kebutuhan inventaris di masa depan. Laporan peringkat produk terlaris juga sangat membantu kamu memaksimalkan penjualanmu. 

3. Laporan Karyawan. Sebagai pemilik usaha, sumber daya kamu yang paling berharga adalah tim kamu. Laporan karyawan membantu kamu menilai kinerja karyawan dan menjadi dasar apabila kamu ingin memberikan kenaikan gaji ataupun bonus atas kinerjanya. 

Laporan Penjualan Otomatis Untuk Kamu yang Sibuk

Qasir menyadari kesibukan kadang membuat kamu tidak sempat login ke Dashboard untuk melihat laporan. Banyaknya urusan dan kegiatan juga kadang membuat lupa dengan yang satu ini. Jika kamu terlalu sibuk untuk login, kamu bisa manfaatkan fitur Laporan Penjualan Otomatis yang bisa kamu akses hanya dengan membuka email. Cek di sini caranya. 

Fitur ini adalah fitur premium, namun jangan khawatir kamu hanya perlu membayar sekali saja untuk bisa mengakses selamanya. Kamu juga bisa memilih jangka waktu pengiriman laporan mulai dari harian, mingguan, dan bulanan (bisa dipilih salah satu atau semuanya).

Serasa punya asisten pribadi!

Selain itu, ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan. Qasir Point of Sale (POS) hadir dengan banyak opsi pelaporan sehingga kamu dapat menghasilkan informasi penting untuk meningkatkan usaha kamu. Semua informasi itu dapat tarik langsung dari Dashboard online kamu atau dari Laporan Penjualan Otomatis. 

Bukan hanya tampilannya lebih menyenangkan, grafis yang disajikan pun memudahkan kamu membaca perkembangan usaha dari waktu ke waktu. Dengan laporan yang lengkap, kamu tidak perlu lagi menebak-nebak kondisi kesehatan usahamu. 

Berikut adalah beberapa jenis laporan yang tersedia di Dashboard Qasir

1. Laporan Deskripsi Ringkasan Penjualan 

2. Ringkasan Penjualan per Kategori

3. Laporan Pajak

4. Laporan Pelanggan

5. Laporan Pegawai

6. Laporan Berdasarkan Metode Pembayaran

7. Laporan Tipe Order

8. Produk Terlaris

Dengan banyaknya cara untuk selalu memantau laporan, kamu pun bisa memastikan kondisi kesehatan usahamu kapan saja dari mana saja. Aktifkan fitur ini sekarang biar kamu makin #CanggihUntung. Pastikan dulu kamu sudah update aplikasi Qasir versi terbaru ya.

#Qasir

Share artikel ini