Inspirasi

Lima Fakta di Balik Bisnis Meccanism Milik Zaskia Adya Mecca

By putri • 01 Nov 2019

Siapa nggak kenal dengan Zaskia Adya Mecca? Istri dari sutradara kondang Hanung Bramantyo ini mengawali kariernya sebagai artis dan presenter. Setelah menikah, Zaskia memilih jadi pengusaha di bidang fashion. Mungkin kamu juga sudah nggak asing lagi dengan brand Zaskia yang cukup terkenal, namanya Meccanism. Dalam membuka dan mengurus bisnisnya, Zaskia menggandeng sang kakak, Tasya Nurmedina. Tapi tahu nggak, seiring berjalannya waktu, ternyata Zaskia lebih nyaman jika bisnisnya tidak terlalu besar lho. Kenapa ya? Kuy lanjut baca sampe selesai untuk tahu jawabannya, karena masih banyak lagi fakta-fakta di balik bisnis Zaskia Mecca hasil wawancara langsung tim Qasir.

 

1. Awal mula menjadi pengusaha

 

https://lh6.googleusercontent.com/5OTpxB9Juvlto4FnsTFB0V7t63NvDoLu18t5ACZOUdX2tQzDwAAq8uT4Jor4qSdQV7xAq4fr6kz1lm3A2_RRMOoEiA99Ur0E4HMaNoFk-TuAJaouwTtg1z32e9Fg0vH6oIbJSsq-

 

Setelah menikah, Zaskia otomatis pisah rumah dengan kakak dan adiknya. Ibu empat anak yang akrab dipanggil Bia ini pun ingin membuat kegiatan yang dapat tetap mempertemukan dirinya dengan kakak dan adiknya. Ditambah ketika Zaskia memiliki anak, dia juga merasa jika membawa anaknya ke lokasi syuting adalah hal yang kurang baik buat anak. 

 

“Kalau syuting bakalan capek banget kalau ngajak anak-anak, aku nggak tau bakalan nyaman apa enggak untuk mereka,” ujar ibu empat anak ini. Nah, berbisnis adalah jawabannya. Awal berbisnis, Zaskia hanya menjual jilbab bersama sang kakak, Tasya. Produknya tersebut dijual kepada kerabatnya saja hingga meluas ke banyak wilayah.

 

2. Strategi Zaskia dalam berbisnis

 

https://lh6.googleusercontent.com/2LUDlNJsY1nXziQ_dw1kXdN34OH4KWjnA4wv8rlt-mJpJKH4htDWpW0X-DIK-XaGdM0xiOO0X0a_6SQefQX4wa-PtMpgvVweGWmEd0-QrU6v12vumtuyS1JYVVVq0mHnZk5GDx08

 

Saat baru-baru merintis usaha, Zaskia tidak memiliki strategi bisnis yang matang. Bahkan dalam menentukan harga jual, dia hanya mengira-ngira saja. Misalnya, dari harga modal satu jilbab 50ribu, dia menjualnya 80ribu. Padahal menurutnya, banyak aspek lain yang harus memperhitungkan dalam untuk menentukan harga jual.

 

3. Zaskia merasa lebih nyaman memiliki bisnis yang kecil

 

https://lh5.googleusercontent.com/FMOzlflcqgYkQWFdtiJ-UhGuYjmu2nOEpMKLabGZcePXfkd-Ej393WYysBlgVsUYefUZgXLLmbEQLdAR7uBt-MdEoG0rWvUdfM7pu-iat78DEQ1vaj_bC20w5ckUkAXu8zJ-WS4j

 

Seiring berjalannya waktu, bisnis Zaskia dan sang kakak, Tasya, membuahkan hasil. Kini, Zaskia sudah memiliki lebih dari 100 karyawan yang mengurus Meccanism. Tapi, pernah lho ada saat di mana Zaskia bukannya happy, tapi malah merasa stres. 

 

“Aku ngerasa jika bisnis makin besar kok makin ribet, pernah sampe denger nama Meccanism aja langsung stres banget,” ujarnya.

 

Sebenarnya, Zaskia merasa tidak nyaman menjalani bisnis yang terlalu besar karena dia selalu mendambakan bisnis yang meskipun kecil, namun terjalin kedekatan dengan tim dan karyawan. Bahkan, dirinya pernah bertanya kepada Tasya apa perlu mengembalikan bisnisnya seperti semula. Tapi, hal itu urung dilakukan karena Zaskia dan kakak akhirnya menyadari jika bisnisnya menjadi lebih besar, makan yang terbantu pun akan semakin banyak. 

 

4. Zaskia pernah nggak kenal dengan karyawannya

 

Saat baru membuka Meccanism, Zaskia hanya dibantu oleh Tasya dan satu karyawannya yang bekerja sebagai admin. Seiring berkembangnya bisnis Zaskia, jumlah karyawan pun bertambah pesat dalam waktu yang cepat. Sampai pernah suatu waktu, Zaskia tidak mengenali karyawannya satu per satu saking banyaknya.

 

5. Rahasia di balik manajemen bisnis yang baik

 

Ketika bisnisnya berkembang sangat luas, Zaskia sempat mengalami kebingungan untuk mengatur manajemen bisnisnya. Hal ini karena berbagai hal yang harus dirinya pantau seperti stok di dalam gudang, urusan karyawan, cabang tokonya, dan laporan transaksi. Untuk membuat semua bisa berjalan dengan baik, Zaskia menggunakan Qasir. Ia bahkan sudah menggunakan aplikasi Qasir sejak tahun 2016. 

 

Nah, itulah lima fakta di balik bisnis Meccanism milik Zaskia. Apakah di antara BossQ ada yang pernah mengalami hal yang sama seperti Zaskia?

 

*foto from instagram @zaskiaadyamecca