Inspirasi

Membuat Foto Produk Lebih Cetar dengan Hanya Bermodalkan Kamera HP

By putri • 22 Oct 2019

Sekarang ini, keberadaan media sosial bukan cuma ajang-ajang eksis semata ya BossQ. Kita harus bisa manfaatkan untuk sesuatu yang lebih! Terutama untuk jiwa-jiwa entrepreneur kayak kita-kita gini, media sosial harus bisa jadi etalase produk jualan yang menarik. Ini berlaku baik kamu yang punya toko on-line maupun off-line. 

 

Diakui atau tidak, foto produk yang bagus pasti menyumbang andil besar bagi laku-enggaknya suatu produk atau brand. Tes aja deh, berapa kali kamu tergoda beli barang karena ngeliat foto yang dipajang “menggoda”? Nah kita juga harus bisa bikin produk kita bisa semenggoda itu pada calon customer kita.

 

Tapi gimana caranya? Mereka sih pakai jasa fotografer produk. Aku nggak pinter fotografi. Kamera ponselku jadul. 

 

Hei, hei, hei...buang pikiran itu jauh-jauh.

 

Memotret barang jualanmu nggak melulu harus pakai kamera yang mahal, dan nggak harus jago fotografi. Kamu cuma butuh sedikit trik dan kretifitas kok. Simak deh, ini tips membuat foto produk lebih terlihat menarik dengan kamera smartphone ala Qasir.

 

1. Buat studio mini dengan background polos

 

Kamu bisa membuat mini studio dengan background polos dari bahan apa pun. Misalnya gini, siapkan kertas karton besar warna putih yang sisinya di jepit ke atas. Kemudian letakkan barang daganganmu di tengah. Lalu foto barang tersebut menggunakan smartphone-mu.

 

2. Berdayakan teman atau saudara jadi model 

 

Ini terutama buat produk fashion. Supaya tergambar seperti apa produk dagangan kamu, ya kamu harus simulasikan itu pada model. Kamu bisa minta tolong sahabat, dan mentraktirnya makan sebagai ucapan terima kasih. Lebih hemat saling menguntungkan. Lagipula, model itu nggak harus putih, cantik dan langsing lho. Yang terpenting luwes dan nggak kaku saat difoto. Dengan begitu kamu nggak perlu repot mengarahkan gaya, dia pasti lebih tahu. Terus, foto deh dengan smartphone kebangganmu. Cekrek! 

 

3. Maksimalkan fitur smartphone-mu

 

https://lh4.googleusercontent.com/NvdlSaihaJyjTULaHv4XQz6wUaejZiS6A9ilRnSrCnBY4OPSHuuZf6CVJGoNDjyT5D3liCSiy_JL4_jypAxP01O9LSZM0lNSqwTPfi4nfeSpBpFL10hmY7U6ms_Ut53q7Udwu9IJ

https://unsplash.com/photos/i8CYGnoerR0 

 

Jangan malas ngoprek kamera hapemu. Coba satu per satu fitur dan pilihan menu yang ada untuk dapetin hasil maksimal. Misalnya, kalau ada fitur bokeh di smartphone-mu, gunakanlah! Tapi jangan terlalu banyak memakai filter bawaan hape ya, agar keaslian dan ketajaman foto tetap terjaga. Selain itu biar lebih enak diolah di aplikasi edit foto. 

 

4. Perbanyak angle foto untuk satu produk

 

Agar pembeli dapat melihat kualitas barang yang kamu jual, usahakan untuk foto dari berbagai angle ya. Hal ini guna mendeskripsikan barang dari segi ukuran, bentuk, volume, dan warna. Dengan begitu, calon pembeli akan merasa tenang dan nggak ada rasa khawatir sama sekali untuk berbelanja di tokomu.

 

5. Jangan gunakan zoom saat mengambil gambar

 

https://lh3.googleusercontent.com/qCoJv6E8F4FPXkvrAehutf9mmZ35epavvY6ft0PwYdQBvLnTIwbhrQJ9CMPXV2Tcni_03Je1bSzR3cXqXXQgIuM32Aeyn_Vico3YKNVa12UdXrYMHNdzUJWEHdsTLCwInI9SsFyr

https://unsplash.com/photos/bsMFZ1957Zg 

 

Ada syarat penting yang harus kamu hindari saat memilih foto barang dengan menggunakan smartphone. Yap, zoom in! Kamu dilarang untuk melakukan teknik zoom in saat berusaha mengambil gambar dari barangmu, hal ini karena akan menurunkan kualitas fotomu lho. Secanggih apa pun smartphone-mu, tentu kualitas zoom in-nya akan kalah dengan kamera profesional.

 

6. Tajam itu harus!

 

Kelemahan dari kamera smartphone adalah shutter lag-nya. Yaitu waktu jeda antara saat kau memencet tombol foto dan gerakan tanganmu. Jadi, ketika kamu memencet tombol foto, usahakan untuk tidak goyang agar tidak blur. Semakin tenang tangan kamu, maka hasil foto yang blur akan semakin berkurang. Nah, saran untuk kamu, carilah tripod smartphone yang dapat membantumu menahan goyangan tangan atau shaking.

 

Nah, itulah enam tips membuat foto produk yang menarik dengan kamera smartphone. Nggak ada yang nggak mungkin selama kamu berusaha untuk mencobanya. Yuk semangat untuk berbisnis! Semoga bisnismu lancar dan semakin sukses ya!