Inspirasi

Mengapa Pengelolaan Inventaris Menjadi Penting? Ini 5 Alasannya

21 Nov 2019, Ditulis oleh putri

Mengapa Pengelolaan Inventaris Menjadi Penting? Ini 5 Alasannya

Banyak yang berpikir kalau hal yang paling utama dalam berjualan hanyalah banyaknya pembeli. Walau hal itu tidak salah, tapi kamu sebagai usahawan juga tidak boleh melupakan hal-hal lain yang tidak kalah penting dalam membuat bisnismu terus berkembang. Salah satunya pengelolaan inventaris atau stok barang. Kenapa penting? Simak jawabannya berikut ini.

1. Bisa Memprediksi Kebutuhan Belanja

Usahawan yang melakukan pengelolaan stok barang atau inventaris dengan teratur dan terperinci, tentu memiliki keuntungan bisa memprediksi kebutuhan apa saja yang perlu disediakan toko/ perusahaan berdasarkan tren dan kondisi yang pernah tercatat. Jadi yang dibelanjakan tidak sia-sia. 

2. Monitor Barang Jadi Gampang

https://lh4.googleusercontent.com/JAor_TbQvh6EXj1jzLve-rUxAPHY2unaXaoh_Q1I3sBJ7eL_IposDlYzYJGt3Tnc8lbKDgJlj-2lK-sPoWxLeOCH3XmeI8oG0-aOyEILPCxS41zzsjMEr7VNmceCLLLRH9S5dr_n

https://unsplash.com/photos/BMnX7L9G5xc

Pengelolaan inventaris juga dapat memastikan bahwa stok barang yang kamu gunakan untuk berbisnis selalu dapat digunakan dan tercatat dengan baik. Kebiasaannya, para usahawan melupakan inventaris apa saja yang dimilikinya waktu membuka bisnis karena terlalu fokus kepada hal-hal lainnya.

Aplikasi Qasir memiliki fitur untuk membuatmu mengelola inventaris dengan mudah. Kamu bisa menambahkan keterangan pada produk yang kamu jual, mulai dari nama produk, kategori, harga, hingga kode produk atau barcode. Sehingga pencatatan inventaris akan masuk ke dalam sistem dan dapat diakses kapan saja.

3. Manajemen Keuangan yang Lebih Terkontrol

https://lh5.googleusercontent.com/kUeO4Kok5hnvEGWvdg9Pr87OVCYMSdeG2jXfYbPi7HBn3L9IUZVYFllgEFgG8ZCtyggIbRhQa5d_nQxIP32MXqRAjJT8Lgcib_MyFxR9c8303vFMumiuoueO1qDOvn3ZhAsdEldY

https://unsplash.com/photos/hpjSkU2UYSU 

 

Seperti yang dijelaskan pada poin pertama bahwa pebisnis dapat mempertimbangkan permintaan dan penawarannya. Ini juga mempengaruhi manajemen keuangan lho. Usahawan pun dapat membuat keputusan yang penting berdasarkan pertimbangan matang saat ingin mengeluarkan uang untuk operasional.

4. Penanganan Stok Barang Lama Secara Berkala

Banyak usahawan yang meletakkan barang tak terpakai/ tidak laku di dalam satu tempat, akhirnya menumpuk. Jika usaha kamu memiliki pengelolaan inventaris yang baik, maka kamu akan mudah melakukan pengecekan dan perawatan barang. Nggak hanya itu aja, kamu juga akan memisahkan barang berdasarkan jenisnya. Tokomu akan terlihat rapi juga.

5. Mendatangkan Keuntungan Maksimal

Mengelola inventaris secara efisien akan mengoptimalkan usaha kamu menjadi lebih menguntungkan. Hal ini karena kamu bisa mulai dengan menghitung harga modal barang dan menentukan harga jual sehingga kamu bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal. Jika kamu memesan terlalu banyak barang, kamu harus mengeluarkan lebih banyak uang untuk karyawan dalam menyusun dan mengelolanya. Hal ini malah beresiko membuang barang sia-sia ketika sudah kadaluarsa atau lapuk. 

Nah, itulah lima alasan kenapa pengelolaan inventaris itu sangat penting. Memiliki bisnis harus diimbangi dengan strategi tepat agar bisnismu berjalan maju dan berkembang pesat, salah satunya adalah dengan pengelolaan inventaris.

Share artikel ini