Inspirasi

Promosi Murah yang Cocok buat Bisnis Bermodal Kecil

By putri • 30 Oct 2019

 

Buat kamu yang sudah berani untuk membuka bisnis, selamat...berarti kamu termasuk orang-orang yang hebat. Nggak banyak lho yang berani mengeksekusi idenya membuka bisnis sendiri, apalagi dengan modal seadanya. Walau sekarang bisnismu masih kecil, bukan berarti nggak bisa bersaing dengan mereka yang menggunakan modal besar. Di antara semua keterbatasan, membuka bisnis dengan modal seadanya mungkin memang membuat kamu kurang bisa jor-joran dalam melakukan promosi. Tapi tenang saja ya, ada kok promosi murah yang bisa kamu terapkan di bisnis kamu.

1. Promo dari mulut ke mulut

Kata siapa kalau melakukan promosi itu harus mengeluarkan biaya yang besar? Ada lho promo gratis, organik, namun efektif. Yap, promo dari mulut ke mulut namanya. Kamu bisa mulai dengan mengenalkan bisnismu ke orang-orang terdekat terlebih dahulu, seperti ke keluarga, teman-teman, dan tetangga. Nantinya, merekalah yang akan dengan sendirinya mengenalkan produkmu ke orang lain. Meski gak berbayar, teknik promosi ini sangat ampuh lho. Syaratnya, kamu harus pastikan produk ataupun servismu maksimal ya.

2. Promosi dengan media sosial

Beruntunglah kita hidup di era digital, di mana teknologi sudah menyebar luas hingga ke penjuru dunia. Jadi, promosi melalui media sosial sangat memudahkan kamu. Sudah hemat waktu, hemat tenaga, hemat biaya pula. Untuk promo jenis ini, kamu bisa membuat akun media sosial khusus bisnis atau bisa juga memanfaatkan akunmu. Jadi, sering-sering deh posting mengenai produkmu. Semakin banyak followers yang kamu miliki, peluang agar produkmu makin dikenal juga semakin tinggi.

3. Pasarkan produk di platform jual beli online

Saat ini banyak sekali orang yang menggantungkan hidupnya di situs jual beli online. Apalagi bagi mereka yang nggak punya waktu banyak untuk berbelanja di toko fisik. Nah, nggak ada salahnya kok buat kamu ikutan jual beli online demi eksistensi perusahaanmu. Dengan memasarkan produk di situs ini, kamu akan memiliki kesempatan buat produkmu dikenal oleh orang di seluruh Indonesia. Nantinya, tingkat penjualan jadi semakin banyak lho.

4. Tawarkan produk ke pelanggan yang tepat

Buat kamu yang memiliki modal kecil, nggak perlu membuat sebuah acara besar untuk mengenalkan produkmu. Kamu juga nggak perlu mengenalkan produkmu ke semua kalangan lho. Cukup berfokus pada target marketmu saja, nanti lama kelamaan, produkmu akan dikenal oleh masyarakat luas kok. Coba pikirkan lagi, siapa sih orang yang paling pas untuk kamu tawarkan? Setelah kamu menemukannya, fokus lah berjualan pada target pasarmu itu.

5. Buat konsep promosi offline yang super unik

Saat kamu membuat sebuah konsep promosi offline yang lucu dan unik, pasti nggak sedikit orang yang menghampiri stand-mu. Pengalaman berbelanja yang unik dan mengesankan tentunya ingin dimiliki semua orang. Bukan hanya itu, mereka juga memiliki rasa penasaran untuk menjajal produkmu tersebut. Saat mereka bahagia dan terhibur oleh apa yang kamu suguhkan oleh mereka, rasa keinginan untuk membelinya juga besar lho.

Nah, itulah beberapa jenis promosi yang bisa kamu lakukan untuk usaha yang bermodal kecil. Ingat, membuat sebuah promosi nggak harus menghabiskan seluruh uangmu kok. Gunakanlah cara-cara cerdik yang bisa menghemat biaya. Selamat mencoba ya!