Inspirasi

Tips Agar Warung Kopi kamu Tetap Bersaing dengan Kopi Kekinian

30 Dec 2019, Ditulis oleh putri

Tips Agar Warung Kopi kamu Tetap Bersaing dengan Kopi Kekinian

Selain warung kelontong, salah satu usaha yang tidak pernah sepi pembelinya adalah warung kopi atau warkop dan warung burjo (bubur kacang ijo). Namun, belakangan ini juga banyak sekali kedai kopi kekinian di sepanjang jalan yang antriannya panjang. Hal ini wajar saja karena minat kopi  belakangan ini sudah merambah dan meluas ke segala kalangan dan segala usia. Nggak peduli itu anak muda ataupun orang tua.

Lalu bagaimana agar warung kopi kamu tetap eksis di tengah gencarnya kedai kopi kekinian? Yuk, simak tips jitu ini.

1. Jaga Karakter Bisnismu

Photo by Aldri Suganda on Unsplash

Karakter sangat penting agar warung kamu bisa terus diingat oleh pembeli. Mengenalkan karakter bisnis kepada pembeli bisa dengan desain warungmu yang unik atau pelayanan yang ramah. Nggak cuma itu aja lho, kamu juga bisa membuat ciri dengan tampilan warung yang terang, higienis dan bersih. Ini penting, mengingat warung kopi alias warkop sering diidentikkan dengan warung yang kusam.

2. Rajin Inovasi Pangkal Ramai Pembeli

Enaknya usaha warkop kamu nggak cuma menjual aneka kopi aja. Tapi juga menjual mi instan, roti bakar, dan aneka gorengan. Bahkan juga bisa menambahkan aneka makanan lainnya seperti bubur kacang hijau dan bubur ayam agar para pembelimu nggak bosan. Nah, di sinilah kamu perlu menambahkan unsur kekinian di makanan dan minuman yang kamu jual. Misalnya dengan menambahkan mozarela, greentea, bahkan boba. Semakin seru varian makanan dan minuman yang kamu jual maka semakin banyak juga pembeli yang setia dengan warkop milikmu.

3. Buat Pembelimu Betah di Warung Kopimu

Jangan mau kalah dengan kedai-kedai zaman sekarang. Kamu juga bisa menjadikan warungmu sebagai tempat mereka untuk nongkrong atau menghabiskan waktu untuk bersantai. Caranya dengan membuat warungmu senyaman mungkin. Bisa dengan perbanyak kipas agar tidak panas dan lembab. Atau bisa juga perbanyak meja dan kursi agar mereka nggak kesulitan mencari meja dan kursi yang kosong.

4. Buat Warung Kopimu 24 Jam

Jangan salah, banyak juga lho orang yang mencari makanan atau kopi di malam hari. Untuk membuat mereka mudah mencari makanan dan kopi di saat malam hari, kamu bisa banget nih membuat warkopmu selalu buka 24 jam. Tapi perlu diingatnya, semua makanan yang kamu sajikan harus fresh. Jangan sajikan makanan yang sudah mendekati basi agar para pembelimu nggak kabur ke warkop lain.

5. Pasang Internet Gratis Untuk Pembelimu

Percaya deh, adanya wifi gratis akan membuat banyak orang yang mampir ke warkopmu lho. Modal sedikit untuk membayar biaya wifi perbulan bukanlah hal yang masalah selama banyak pembeli yang datang.

6. Sediakan Pembayaran Digital di Warung Kamu

Jualan bubur kacang ijo bayarnya pakai DANA? Atau jajan kopi tubruk bayar pake OVO? BIsaaa!!!! Kamu bahkan bisa cetak struknya. Nggak kalah sama kedai kopi kekinian. Kalau kamu pakai aplikasi Miqro. Buruan download aplikasinya di Google Playstore. Gratis, nggak pakai bayar. Termasuk pendaftaran DANA dan OVO-nya. Klik aja di sini https://docs.google.com/forms/d/1VTYU_I8D55hxlIGTIBzlF7jO5UxyrMZ3Ac86KWL2uzA/edit 

Nah, itu dia tips jitu untuk membuat warung kopimu tetap eksis di tengah persaingan yang cukup ketat. Jadi jangan takut sama persaingan, kan ada Miqro yang dukung usahawan mikro kayak kamu.

Share artikel ini