Inspirasi

Mau Buka Kelontong di Rumah? Baca Dulu Ini

13 Nov 2019, Ditulis oleh putri

Mau Buka Kelontong di Rumah? Baca Dulu Ini

Jika ingin memulai bisnis yang praktis dan murah, membuka warung kelontong bisa jadi adalah jawabannya. Enaknya bisnis ini, kamu nggak perlu repot untuk mencari pelanggan, karena pelanggan biasanya akan datang dengan sendirinya. Gimana nggak, rata-rata barang yang kamu jual merupakan kebutuhan sehari-hari yang sering orang cari. Jadi, bisnis kamu bisa dibilang nyaris nggak perlu dana untuk promosi. 

Enaknya lagi, buka warung kelontong nggak mengharuskan kamu punya tempat usaha tersendiri. Iya, kamu bisa buka kelontong di teras rumah atau memanfaatkan salah satu ruang di rumah untuk jadi toko. Tapi sebelum kamu membuka warung kelontong di rumah, ada baiknya kamu simak dulu tips membuka warung kelontong di rumah berikut ini.

1. Siapkan Rak Pajang

Saat memulai bisnis warung kelontong, rak pajang jadi penting banget. Karena display yang rapi dan menarik adalah KUNCI dalam membangun usaha kelontong. Jangan lupa siapkan kulkas atau showcase pendingin untuk menyimpan minuman tetap dingin. 

Belum punya showcase? Belanja di Miqro aja. Hadiahnya showcase baru. https://www.qasir.id/promo-qasir/rebut-hadiah-showcase-di-harboltong-1111

 

2. Lokasi Menentukan Prestasi

Bukan berarti jika rumahmu tidak strategis kamu nggak boleh buka warung kelontong. Hanya saja, pemilihan lokasi pasti berpengaruh akan eksistensi warung kelontongmu nanti. Ciri lokasi strategis adalah sering dilalui banyak orang. Kalau itu sudah, buat bagian depan warungmu menghadap langsung ke jalan atau muka depan rumah, jangan menghadap samping, karena menyulitkan pelanggan yang ingin lihat apa tokomu sedang buka atau tutup. 

 

3. Sesuaikan Skala Toko dengan Modal

Kamu nggak perlu menguras habis tabunganmu untuk membuat sebuah warung kelontong. Seperti yang disebutkan di atas, membuka bisnis warung kelontong adalah bisnis yang cukup fleksibel. Jadi, kamu bisa sesuaikan dengan modal yang ada. Tipsnya, agar barang yang kamu jual tetap lengkap dengan modal seadanya, kamu bisa menyediakan produk-produk dengan jumlah yang sedikit.

 

4. Belanja Stok di Miqro Biar Untung 

https://lh6.googleusercontent.com/7lGnVC3Bk2yR2ECj8ig2MZAdHwV9OrlrHT3dbbtmpUzpclDllrm-Gj6EVr_I6lrvig59ecAxx3m3vnSfmOIHSHMBeFoMcDGtOeN09tGoPZK8M1l9F1qnyGuzyPDRFnbNDPFNmPlw

https://unsplash.com/photos/Ye7DTB1EeEY

 

Agar kamu mendapatkan barang dengan harga yang lebih murah, usahakan untuk membeli stok barang secara grosir. Sehingga kamu juga bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Nah, kamu juga bisa menggunakan aplikasi Miqro untuk memesan barang dari distributor yang sudah bekerja sama. Banyak produk promo dan diskon lho jika kamu belanja di Miqro. Download aja di sini http://bit.ly/Blog_miqro.


5. Jual Barang-barang yang Dibutuhkan Pelanggan

https://lh6.googleusercontent.com/G0M6JSY4rCGQD2MMEC-9hBA6chBD45faNcyU8GRA1LDZiwzPT-35wMmN5X1v0pr28feJILgS9uGBCjmXNzxqXZxmJws3NfClUBx3v0sU1f1QIITl8va3wz3SRk-YjdmdOE_wL-20

https://unsplash.com/photos/CmqcUGYuKJU

Sejatinya kamu bisa menjual semua produk kemasan di warungmu. Tapi, apakah barang tersebut dibutuhkan oleh semua pelangganmu? Mari berpikir yang lebih efisien. Kamu perlu membuat list barang apa saja yang sekiranya dibutuhkan oleh pelanggan, seperti sabun dan sampo mandi, sembako, mie instan, telur curah, minuman kemasan, dan lainnya. Usahakan juga jangan menjual makanan yang mudah basi demi menghindari kerugian yang berarti. 

Kalau nggak mau pusing menentukan apa yang akan kamu jual, kamu bisa baca artikel ini https://www.qasir.id/inspirasi/daftar-produk-terlaris-di-jajaran-kelontong.

 

6. Jaga Keindahan Toko

Kamu nggak harus dekor toko kamu dengan biaya yang mahal. Cukup dengan menyusun barang-barang dengan rapi berdasarkan jenisnya. Juga, jaga selalu kebersihannya. Dijamin warung kecilmu akan lebih terlihat lebih rapi dan menarik. Semakin kamu memperhatikan kualitas barangmu, semakin banyak pembeli yang mempercayai barang daganganmu.

 

7. Sediakan Ruang untuk Menyimpan Barang

Rak pajang kamu pasti nggak akan muat untuk menyimpan semua stok toko. Itu kenapa kamu juga perlu ruang sebagai gudang. Letakkan beberapa barang di etalase warungmu dan simpan sisanya di gudang. Dengan begitu, kamu juga jadi memperhatikan estetika warungmu lho. 

Pada intinya, membuka bisnis toko kelontong bukanlah hal yang susah, tapi, kamu juga perlu memperhatikan tips-tips yang dapat membuat penjualan semakin maksimal ya. Selamat mencoba!

Share artikel ini