Inspirasi

Menarik Pelanggan dengan Keleluasaan Cara Pembayaran

10 Jun 2020, Ditulis oleh Putri Anggia

Menarik Pelanggan dengan Keleluasaan Cara Pembayaran

Sebagai usahawan, sudah sewajarnya jika kamu ingin selalu menyajikan produk atau jasa dengan kualitas terbaik bagi pelanggan. Sebab pelanggan mana pun pasti senang dengan produk yang bisa memenuhi harapan mereka, begitu juga dengan pelayanan yang baik--jika usahamu pada sektor jasa. Jika pelanggan puas, sangatlah besar kemungkinannya mereka akan kembali lagi membeli produk/jasamu, bahkan tidak mustahil ia juga merekomendasikan kepada orang-orang yang dikenalnya untuk turut memilih tokomu, bukan yang lain.

Namun tahukah kamu selain masalah kualitas produk/jasa, masih banyak lagi faktor yang dapat menarik pelanggan kembali lagi ke tokomu?

Ya, service. Perlu diketahui, service bukan hanya milik usahawan jasa saja. Kamu yang menjual produk seperti usaha makanan dan minuman, barang-barang hobi, fashion, retail, kebutuhan rumah tangga, atau apa saja, juga harus mementingkan service bagi pelanggan. Service, meski sifatnya adalah added value (nilai tambahan) dalam suatu usaha, namun perannya bisa jadi amat besar dalam menentukan apakah pelanggan akan lakukan repeat order atau tidak. 

Lalu apa saja yang digolongkan sebagai bagian dari service? Sebut saja kebersihan dan kenyamanan toko, keramahan staf, packaging yang indah dan fungsional, kecepatan pelayanan dan keleluasaan cara bayar. 

Ingatlah, usahawan yang baik adalah usahawan yang selalu berorientasi pada kepuasan pelanggan.

Cara yang paling mudah adalah dengan memposisikan diri kita sebagai pelanggan. Jika kita pelanggan, kita tentu juga menginginkan pengalaman berbelanja yang menyenangkan. Karena bisnis memang bukan tentang hanya memberikan produk dan menerima uang. Namun lebih dari itu, yaitu bagaimana usahawan bisa menawarkan sebuah pengalaman yang utuh mulai dari proses pemesanan, penyajian, pembayaran, dan pelayanan pasca-jual. Ini yang harus benar-benar dipahami oleh semua usahawan jika ingin memiliki bisnis yang sustainable. 

Berikut beberapa service dari sisi pembayaran yang bisa membuat pelanggan kembali lagi ke tokomu. 

1. Bisa bayar dari meja

Jika dahulu cara bayar seperti ini hanya dimiliki oleh restoran mewah dan mahal saja (dalam mempraktikkan konsep “pembeli adalah raja”), sekarang tidak begitu. Kedai kopi kecil atau rumah makan mungil milikmu pun bisa melakukannya. Cara bayar seperti ini selain lebih nyaman bagi pelanggan, juga mampu menyederhanakan proses checkout tanpa harus membuat antrean mengular di meja kasir (cash register). 

Bedanya, jika dahulu proses bayar di meja berarti staf mengambil uang/kartu pelanggan, membawanya ke meja kasir, lalu kembali lagi dengan bukti pembayaran, saat ini prosesnya lebih sederhana. Staf tinggal membawa mesin kasir ke meja pelanggan. Bukan, bukan mesin kasir yang besar itu, melainkan terminal pintar nirkabel atau perangkat mobile point of sale. Aplikasi Qasir yang kamu gunakan sudah bisa support untuk fasilitas ini, lho. Kamu hanya perlu membeli perangkatnya yang berbasis Android, kemudian login akun Qasir kamu di dalamnya, dan voila, kedai makanan dan minuman milikmu pun bisa memiliki pelayanan setara dengan restoran mahal. 

Baca juga: Review Mesin Kasir Sunmi V1s dan T2 Mini, Mana yang Paling Pas Buat Kamu?

Selain praktis, dengan teknologi ini, pelanggan akan merasa lebih aman karena proses penarikan dana pada mesin kasir terjadi di hadapannya dan dapat disaksikannya sendiri. Ini tentu meningkatkan pengalaman pelanggan dalam hal fleksibilitas dan kecepatan proses checkout. 

2. Menerima aneka jenis pembayaran 

Jika dahulu orang-orang selalu membawa-bawa uang tunai jika ingin berbelanja, sekarang semua itu sudah berubah. Mereka lebih suka membawa beberapa kartu dan eWallet dalam ponselnya. Karenanya amat penting jika tokomu bisa menerima pembayaran nontunai, baik itu nontunai dengan kartu ataupun nontunai digital dengan ponsel. Apa lagi saat ini di Indonesia sudah ada fasilitas QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard), yaitu sebuah sistem yang diluncurkan Bank Indonesia dalam memungkinkan transaksi pembayaran digital nontunai dengan hanya menggunakan satu QR code saja. 

Terdengar terlalu high-tech untuk warung kecil, kios atau kedai kecil milikmu? Tidak juga. Dengan aplikasi Qasir semua bisa memanfaatkan kemudahan ini. Kamu juga bisa menggunakan fasilitas QRIS jika kamu sudah mendaftar fitur Digital Payment di aplikasi Qasir (gratis). Jika belum, segera cari tahu cara mendaftarnya di sini. 

Baca juga: Wajib Tahu! Ini 5 Keuntungan yang Bisa Kamu Dapatkan dengan Transaksi Cashless

Dengan kemampuan menerima aneka jenis pembayaran digital nontunai, tokomu pun jadi lebih memiliki daya saing dengan toko modern ataupun toko yang lebih besar. Karenanya, ayo, jangan ragu raih pelangganmu dengan menyediakan metode pembayaran ini. 

3. Pecah pembayaran dalam satu transaksi

Pernahkah kamu menemukan situasi di mana pelangganmu menginginkan pembayaran yang dipecah jadi beberapa bagian dalam satu transaksi? Ini biasanya sering terjadi pada usaha FnB yang pembelinya berkelompok namun menginginkan pembayaran terpisah atau beberapa orang membayar dengan cara patungan. Akan merepotkan dan tidak efisien jika tiap orang dalam kelompok itu kamu buatkan satu transaksi sendiri-sendiri.

Kamu pun mungkin pernah berpikir: seandainya saja ada teknologi yang memungkinkan pembayaran bisa dipecah beberapa bagian dalam satu transaksi. Benar begitu? 

Jangan khawatir, Qasir amat mengerti kamu, karenanya kami memberikan fasilitas bernama Split Payment atau Pecah Pembayaran. Ini adalah fitur gratis yang bisa kamu gunakan bersama fitur dasar lainnya. Dengan fitur Pecah Pembayaran, kamu bukan hanya bisa memecah tagihan jadi dua, namun bisa tiga, empat, lima, tanpa batas. Metode pembayaran yang digunakan pun bisa berbeda dalam satu transaksi, bisa tunai-nontunai, nontunai debit dan nontunai digital, ataupun nontunai digital dan tunai. Fleksibel dan sangat memudahkan! 

Bukan hanya petugas kasir di tokomu yang terbantu, pelanggan pun akan terbantu dan merasa puas dalam pengalamannya berbelanja. Jika pelanggan puas, tidak mengherankan jika mereka akan kembali dan kembali lagi ke tokomu, bahkan merekomendasikan tokomu kepada yang lainnya. CUAN pun makin terlihat jelas di depan mata!

4. Fasilitas cara bayar tertunda (Kasbon)

Ada beberapa jenis usaha yang merasa perlu memberikan layanan kasbon bagi pelanggannya. Contohnya agen grosir, penyuplai bahan baku, ataupun toko sembako. Meski kasbon yang diterapkan agen grosir dan penyuplai berbeda motivasinya dengan toko sembako (kelontong): Jika para usahawan agen grosir dan penyuplai bahan baku memberikan kasbon untuk memberikan waktu kepada pelanggannya untuk memutar dulu modalnya sampai mendapatkan keuntungan baru membayar, warung kelontong biasanya memberikan fasilitas kasbon dengan motivasi membantu tetangga (langganan). Namun meski berbeda, keduanya memiliki misi yang sama yaitu mengikat consumer loyalty (kesetiaan pelanggan).

Tidak dapat dipungkiri, layanan fasilitas kasbon memberikan ikatan yang lebih personal antara penjual dan membeli. Sebagai wujud terima kasihnya, pembeli pun hanya mau membeli produk dari toko yang memberikannya kasbon. 

Dalam rentang waktu dan jumlah yang diperhitungkan, fasilitas kasbon ini bisa membantu membuat suatu usaha lebih sustainable. Karena biasanya, pembeli tidak hanya sekali atau dua kali saja berbelanja, namun terus menerus dengan kurun waktu yang reguler. Namun jika kamu mempertimbangkan memberikan fasilitas kasbon pada pelangganmu, banyak hal yang perlu jadi pertimbangan. 

Baca juga: Tips Mengatur Kasbon Agar Usaha Kamu Tak Merugi

Salah satu cara memantau transaksi kasbon juga bisa menggunakan bantuan teknologi. Pada aplikasi Qasir, kamu bisa menemukan fitur Kasbon, yaitu fitur yang membungkinkan kamu mencatat jumlah kasbon, tanggal kasbon, data pelanggan kasbon, juga reminder untuk menagih tanggal jatuh tempo kasbon. Lengkap banget kan? Pelajari tentang fitur Kasbon di sini.

Kabar baiknya, kamu tidak harus menunggu usahamu jadi besar dan memiliki banyak karyawan untuk bisa menyediakan semua fasilitas kemudahan pembayaran di atas. Usaha terkecil yang baru dimulai pun sangat bisa, syaratnya kamu mau membuka diri pada informasi terkini dalam dunia usaha, tidak terkecuali tentang pemanfaatan teknologi. 

Kamu bisa mulai dengan menggunakan Point of Sales (POS)  untuk usahamu. POS adalah teknologi kunci dan mendasar yang dibutuhkan dalam usaha. Tapi jangan pilih sembarang POS, pilihlah POS yang lengkap dan mumpuni, serta tidak membebani biaya operasional. Dengan POS yang lengkap, usaha kecil pun bisa seprofesional usaha bermodal besar dan berpegawai banyak. Teknologi POS yang mumpuni  juga membantumu menyediakan layanan yang lebih cepat, lebih mudah, lebih personal, juga dapat mengefisiensi operasi, apa lagi jika di dalamnya menerima semua metode pembayaran. Dan dengan POS yang tidak membutuhkan biaya berlangganan untuk penggunaannya, kamu bisa melakukan efisiensi atas biaya operasional tokomu. 

Jika kamu bertanya-tanya adakah teknologi POS semacam itu? Jawabannya ada, yaitu aplikasi Qasir. 

Aplikasi Qasir bukan sekadar aplikasi untuk membantu proses transaksi di meja kasir saja, lebih dari itu Qasir bisa membantumu mengelola usahamu mulai dari melihat laporan penjualan, mengetahui posisi kas keluar masuk secara real-time, memantau produk, memantau karyawan, mengelola pajak, memonitor outlet cabang, mengatur diskon, hingga menerima berbagai jenis pembayaran tunai dan nontunai yang terintegrasi dalam satu sistem. Semua ini dibuat untuk membantu kamu usahawan dalam mengelola dan mengembangkan usahamu.

Jadi  jika kamu sudah membuat produk yang berkualitas, dukungan POS tentu akan membantumu memberikan pengalaman berbelanja yang menyenangkan bagi para pelangganmu. Semoga sukses dan salam CUAN.

#Qasir

Share artikel ini