Inspirasi

Pilih dan Pakai Fitur-fitur Qasir Sesuai Kebutuhan Usahamu

16 Sep 2020, Ditulis oleh Putri Anggia

Pilih dan Pakai Fitur-fitur Qasir Sesuai Kebutuhan Usahamu

Ketika baru membuka usaha, kamu nyaman-nyaman aja dengan nota manual tulis tangan dan catatan transaksi pakai buku. Lalu penjualan makin meningkat. Kamu mulai kerepotan untuk bikin nota, dan tambah nggak punya waktu untuk mencatat transaksi (apalagi memantau penjualan harian).

Kamu pun mulai menggaji karyawan, dengan harapan pekerjaan kamu akan lebih ringan. Sejak ada karyawan, urusan transaksi dengan pelanggan dan persiapan pesanan jadi ada yang bantuin. Tapi tetap aja, bagian nulis nota dan pembayaran diserahin karyawan ke kamu. Ditambah lagi, sebagai pemilik usaha, catatan transaksi harian dan laporan penjualan berkala juga tetap kamu yang urus. Padahal kamu juga masih harus berurusan sama supplier, ngitung stok, bayar ini-itu, ngurus media sosial, dan lain-lain.

Kamu pun bertanya-tanya, ada nggak sih alat yang bisa bantuin kerjaanku?

Sebagai usahawan milenial, kamu mulai mencari jawaban dengan meng-Googl-ing "alat untuk bantu usaha", atau "software untuk toko", atau "aplikasi untuk jualan". Akhirnya kamu jadi tahu deh, kalau alat yang kamu butuhin itu namanya point of sale. Ternyata oh ternyata, point of sale (POS) adalah  semacam alat kasir tapi lebih canggih dan sistem ini sudah jadi daftar wajib yang harus dimiliki semua usahawan di zaman sekarang. Ya, ya, ya, ya…

Kamu pun bertanya-tanya lagi, point of sale apa sih yang paling cocok untuk usahawan sepertiku?

Lalu kamu tanya-tanya kanan kiri ke sesama usahawan dan baca dari review-review di internet. Ada yang bilang POS A bagus tapi mahal banget, POS B lebih murah tapi fiturnya dikit, POS C mahal tapi fiturnya dikit. 

Kamu pun mencoba download semua POS biar nggak penasaran. Setelah mencoba, kamu menemukan Qasir. Katanya sih, ini POS yang bisa digunakan secara gratis dengan fitur dasar yang lengkap. 

Pas dicoba, eh bener lho! Gratis. Kok bisa sih, aplikasi secanggih ini gratis? Hehehe, bukan kamu aja yang bertanya-tanya seperti itu.

Usahawan, sejak awal didirikan tahun 2016, Qasir memang berkomitmen memberi dukungan bagi UMKM Indonesia demi menciptakan kesempatan ekonomi yang sama melalui teknologi. Qasir juga amat percaya, bahwa teknologi itu adalah hak semua usahawan, termasuk kamu. Iya, kamu! Teknologi juga diciptakan untuk memudahkan dan meringankan, bukan untuk memberatkan dan nambah ribet urusan kamu. 

Jadi, itu mengapa semua fitur dasar Qasir bisa digunakan secara gratis. Jadi dengan hanya bermodalkan ponsel pintar yang sudah kamu punya dan sinyal internet, kamu sudah bisa menggunakan fitur dasar berikut ini: 

1. Transaksi

Mencatat semua transaksi digital dan tunai yang terjadi saat online maupun offline.

2. Kelola Produk dan Stok

Menambah produk, menghapus, mengedit variasi produk, memindahkan produk antar-outlet.

3. Kelola Outlet

Mengelola transaksi, stok barang, dan pegawai per outlet.

4. Kelola Pegawai

Mengelola, memantau dan mengatur hak akses pegawai tiap outlet.

5. Laporan

Berisi laporan penjualan lengkap per kategori, daftar produk terlaris, serta informasi lain yang mendukung monitoring usaha.

6. Pembayaran Digital

Mendukung semua sistem pembayaran nontunai digital dengan satu QR code (QRIS) tanpa perlu tambahan mesin EDC khusus.

Fitur-fitur dasar ini adalah fitur yang cocok untuk hampir semua tipe usaha dan di mana pun fase usaha kamu. Namun jika kamu membutuhkan fitur khusus, Qasir juga telah menyediakan fitur premium untuk memberi kenyamanan dan kemudahan ekstra dalam menjalankan usaha. 

Fitur premium ini dijual secara satuan dengan harga yang terjangkau banget! Selain Website Usaha dan Absensi yang berformat subscription atau berlangganan, semua fitur premium hanya perlu kamu beli sekali saja untuk mengaktifkan selamanya.

Misalnya, kamu adalah usahawan online shop. Saat pesanan masuk, biasanya kamu perlu membuat catatan kecil yang harus kamu berikan kepada staf gudang untuk disiapkan. Makan waktu banget kan, harus menyalin pesanannya dulu, harus bolak-balik ngasih salinan pesanan ke staf. Duh duh duh...nggak usah gitu.



Di Qasir, ada fitur yang namanya “Cetak Tiket Pesanan”. Fitur ini membuat kamu bisa mencetak salinan pesanan langsung di gudang atau tempat lain yang terpisah secara bersamaan setelah pesanan masuk ke sistem. Jadi kamu nggak perlu bolak balik ngasih tahu, “Tadi ada pesanan kerudung murah 1, dress babydoll 1 size M, outer abu-abu L 1 pcs", dan seterusnya. Duh, makan waktu banget!

Alih-alih demikian, staf gudang tinggal lihat aja dari salinan pesanan yang tercetak, terus langsung disiapin deh pesanannya. Hemat waktu dan tenaga, kan? Pesanan juga jadi lebih akurat dan kamu akan terhindar dari komplain pelanggan yang menusuk hati ataupun komentar buruk netijen di media sosial kamu. Hiii, serem!

Fitur Cetak Tiket Pesanan ini juga cocok untuk usaha salon. Jadi kamu bisa cetak salinan pesanan ini untuk dibawa oleh pelanggan kepada terapis atau staf yang bertugas. Jadi nggak perlu teriak-teriak konformasi ,”Gunting sama creambath, ya. Sekalian meni-pedi! Oiya creambath obatnya stroberi, jangan pake steam!” Kalau pelanggannnya sepuluh gimana tuh? Apa nggak jadi rame banget dan bikin pusing tuh?

Itulah mengapa kita perlu mengakrabkan diri dengan teknologi, Usahawan.

Masih banyak lagi fitur premium Qasir yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan usahamu. Ini dia daftarnya:

Website Usaha ★★★

  • Berfungsi sebagai toko online
  • Memudahkan pelanggan memesan produkmu
  • Bisa menghitung ongkos kirim & lama pengiriman
  • Bisa pilih jasa pengiriman yang digunakan
    Hanya Rp500 per hari

Absensi

  • Memudahkan proses absen masuk dan absen pulang pegawai 
  • Dilengkapi selfie dan titik koordinat
  • Laporan absensi bisa kamu cek dari mana saja
  • Jauh lebih hemat daripada beli mesin absen
    Hanya Rp500 per hari

Atur Struk Tambahan

Bebas memilih dan menghapus bagian-bagian tertentu untuk struk yang lebih personal.

Ringkas Struk

Hemat kertas struk dengan tata letak yang lebih padat dan tanpa settingan yang ribet.

Laporan Penjualan Otomatis

Nggak bakal kelewatan cek laporan rutin karena dikirim secara otomatis lewat email.

Kelola Diskon

Bikin tokomu jadi meriah dengan aneka program diskon yang bisa kamu atur dengan mudah. 

Cetak Tiket Pesanan

Tingkatkan ketepatan dan kecepatan saat menyiapkan pesanan. Tak ada lagi komplain pelanggan karena pesanan yang nggak sesuai. 

Catatan Tambahan

Amankan catatan khusus untuk tiap pesanan pada lembar struk dan riwayat transaksi. Nggak perlu corat-coret lagi.

Harga Grosir

Mudah atur harga khusus untuk pembelian dalam jumlah besar tanpa harus memasukkan produk yang sama ke katalog.



Bakalan panjang banget ya, kalau semua fitur harus dijelaskan satu per satu di artikel ini. Kalau kamu ingin tahu lebih banyak, kamu bisa bertanya langsung ke tim Customer Success Manager kami yang akan membimbing kamu menggunakan fitur mana aja yang cocok untuk kondisi usahamu. Nggak cuma untuk fitur yag premium, Mas-Mas CSM juga akan dengan senang hati mengajarkan cara menggunakan fitur dasar yang gratisan. Yang terpenting, usahamu bisa berjalan dan makin maju, kamunya juga nggak pusing lagi mengelola usaha.

Jika kamu belum menggunakan Qasir, silakan download melalui link ini di hape Android kamu ya. Langsung aja daftarkan data diri dan data tokomu, masukkan produk, aplikasi pun langsung bisa digunakan. GRATIS! Iya, GRATIS. Jadi nggak usah nunggu ada Mas-Mas yang nelepon untuk minta kamu bayar biaya berlangganan.

Kalau kamu sudah menggunakan Qasir dan ingin tahu lebih banyak tentang fitur-fitur Qasir kamu juga bisa tanya langsung kepada tim CSM Qasir yang baik hati dan penyabar. Klik aja link di bawah ini untuk ngobrol dengan mereka melalui WhatsApp.

Klik di sini untuk menghubungi Willman.
Klik di sini untuk menghubungi Agung.
Klik di sini untuk menghubungi Timothy.


Kalau kamu sudah download, tapi kamu belum bisa menggunakan aplikasi Qasir, kamu pun nggak boleh sedih, kamu bisa baca-baca artikel tentang penggunaan Qasir dengan klik link ini. Atau kamu bisa tanya langsung melalui Live Chat di fitur bantuan atau klik bantuan.qasir.id

Qasir juga rutin mengadakan EduQasir, yaitu pelatihan cara menggunakan aplikasi Qasir dan penjelasan mengenai pentingnya mencatat transaksi, memantau laporan dan menggunakan teknologi dalam mengelola usaha.

Jadi usahawan zaman sekarang, emang harus melek digital ya, BossQ. Tapi tenang aja, kan ada Qasir. Tinggal pakai sesuai kebutuhan usahamu. 

Baca juga:


 

Share artikel ini