Tips

Cara Mengetahui Fitur Qasir Apa yang Cocok Untuk Usahamu

05 Dec 2020, Ditulis oleh Devi Septi

Cara Mengetahui Fitur Qasir Apa yang Cocok Untuk Usahamu

Usaha saya coffee shop, fitur apa ya yang cocok buat saya?
Usaha saya franchise makanan dengan beberapa outlet cabang, fitur apa yang harus saya punya?
Usaha saya salon, apa saya bisa menggunakan Qasir?
Kalau untuk online shop Qasir bisa nggak digunakan?
Usaha kelontong apa perlu pakai aplikasi Qasir?

Apakah kamu salah satu dari usahawan yang megajukan pertanyaan-pertanyaan di atas?



Biar nggak bertanya-tanya lagi, yuk simak tips dalam artikel ini. Dijamin setelah selesai membaca, kamu udah tahu harus menggunakan fitur apa yang cocok untuk kebutuhan usahamu.

Semua usaha memiliki kesamaan, melakukan penjualan baik itu produk atau jasa untuk mendapatkan keuntungan. Untuk itu, semua usaha perlu memiliki catatan transaksi yang akurat, rutin dan rapi. Namun ini masih menjadi tantangan bagi semua usahawan pemula khususnya yang bergerak di ranah UMKM.

Selain itu, semua usaha yang menjual produk maupun jasa, tentu membutuhkan alat bukti pembayaran yang resmi dan bisa dipercaya. Itu mengapa di zaman sekarang UMKM pun perlu untuk mencetak struk.

Satu lagi, apa pun usahamu, kamu pasti perlu memantau laporan keuangan termasuk di antaranya laporan penjualan dan laporan produk terlaris.

Dengan tiga point di atas saja, sudah jelas bahwa setiap jenis usaha memerlukan sistem point of sale. Point of sale adalah tempat pelanggan melakukan pembayaran untuk barang atau jasa. Transaksi POS dapat terjadi secara langsung atau online, dengan tanda terima yang dihasilkan baik dalam bentuk cetak maupun elektronik. Saat ini sistem POS berbasis cloud menjadi semakin populer di kalangan pedagang.

Lalu apa yang menjadi kendala UMKM belum menggunakan POS?
1. Mahal
2. Tidak mengerti pentingnya
3. Takut mencoba

Padahal semua kendala yang disebutkan di atas sudah diatasi dengan adanya pint of sale (POS) Qasir. Mengapa Qasir menjadi solusi? Karena yang pertama, Qasir bisa digunakan secara gratis dengan sistem point of sale yang memadai. Mulai dari membantu proses transaksi dan cetak struk, pembayaran digital mobile, pencatatan transaksi akurat dan rapi, laporan penjualan, pengaturan toko/outlet berapapun banyaknya, dan pengaturan produk tanpa batas maksimal. Iya, semua fungsi ini bisa dijalankan dengan gratis. Gratisnya punya tanpa batasan waktu, artinya kamu bisa gunakan sepanjang kamu butuh. 

Selain gratis, Qasir juga memiliki sekali banyak fitur yang sangat berguna untuk mengatur dan mengelola usaha. Jika kamu masih bingung fitur apa saja itu, kamu bisa melihatnya satu per satu di artikel Pusat Bantuan Qasir dengan mengklik link ini. 

Apa lagi? Takut mencoba? Ini mungkin terjadi pada usahawan-usahawan UMKM yang belum akrab dengan penggunaan teknologi untuk alat bantu kehidupan sehari-hari. Namun jika kamu sudah mencoba menggunakan Qasir, kamu akan ketagihan, dengan kemudahan penggunaanya, bahasa dan terminologi yang mudadh dipahami, tampilan yang sederhana namun menarik, serta fungsi-fungsi yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya. 

Bahkan pengguna Qasir yang sudah lama menggunakan aplikasi ini sering sekali mengatakan betapa mudahnya menggunakan Qasir bahka untuk diajarkan kepada pegawainya mereka tidak pernah mengalami kesulitan. Bahkan tidak jarang pegawai mereka bisa sendiri hanya dengan melihat tombol menu dan fitur yang tersedia di Qasir. 

Itu adalah hal dasar yang ingin kami garis bawahi, bahwa aplikasi point of sale (POS) Qasir dibutuhkan oleh segala macam jenis usaha, tidak peduli berjualan barang atau jasa, banyak atau sedikit produkmu. 



Lalu kapan saya harus menggunakan layanan berlangganan Qasir Pro?

Ketika usahamu sudah berjalan dan kamu sudah biasa menggunakan Qasir Free, lambat laun kamu akan menemukan beberapa kebutuhan menyesuaikan dengan fase pertumbuhan usahamu. Inilah tanda-tandanya kamu sudah perlu berlangganan Qasir Pro.

1. Jika usahamu memiliki lebih sari satu pegawai

2. Jika kamu sudah mulai punya outlet cabang

3. Jika kamu perlu catatan laporan lebih dari 30 hari terakhir

Qasir Free memang sudah lebih dari cukup untuk usaha yang baru dijalankan sendiri oleh ownernya atau maksimal memiliki satu orang pegawai. Namun jika pegawai kamu bertambah, kamu pasti memerlukan alat untuk memantau kehadiran mereka, mencatat jam kerja mereka, dan mengatur hak aksesnya atas aplikasi Qasir kamu yang berhubungan dengan data-data rahasia.

Qasir Pro bisa mengakomodir ini semua. Dengan fitur Absensi yang ada pada Qasir Pro, kamu bisa memudahkan pegawaimu untuk lakukan absesnsi masuk dan absensi pulang secara akurat. Kamu juga bisa lihat laporannya secara real time.

Baca tentang Absensi di sini.

Selain itu, Qasir Pro juga memiliki fitur Otorisasi Pegawai, di mana kamu bisa mengatur hak akses yang berbeda untuk setiap pegawai yang bekerja di tokomu. Jadi kamu tidak perlu khawatir bagian-bagian rahasia dalam data penjualan atau akses untuk sesuatu yang sensitif bisa dibuka oleh orang yang tidak kamu inginkan.

Baca tentang Otorisasi Pegawai di sini.

Masih ada lagi, usaha yang sedang berjalan dan sedang ingin berkembang pasti memerlukan laporan yang lebih lama. Misalnya untuk pengajuan dana ke investor atau ke lembaga keuangan. Dengan Qasir Pro, kamu tidak hanya akan dapat laporan sederhana selama 30 hari terakhir, tapi juga laporan selama toko kamu sudah menggunakan Qasir, artinya tidak ada batas waktu.

Baca tentang keseluruhan layanan Qasir Pro di sini.



Bagaimana mengetahui fitur premium tambahan yang perlu saya beli?

Kamu mungkin sudah sering mendengar tentang fitur premium Qasir. Tapi masih belum tahu fitur mana yang perlu kamu beli ataupun belum perlu. Sebenarnya kamu tidak perlu khawatir salah beli, karena fitur premium Qasir harganya sangat terjangkau dan hanya perlu beli seklai saja untuk dipakai seumur hidup. Memang ada beberapa fitur berlangganan seperti Website Usaha dan Integrasi Grab, namun sisanya adalah fitur sekali beli.

Fitur-fitur inilah yang dapat membantu usahamu makin praktis. Lalu, apa saja fitur premium Qasir? Jika kamu membuka Beranda aplikasi Qasir, kamu akan menemukan halaman Premium Store, kamu dapat melihat beberapa fitur, seperti Pengaturan Struk Tambahan, Cetak Tiket Pesanan, Laporan Penjualan Otomatis, Website Usaha, Kelola Diskon, Fitur Absensi, dan masih banyak lagi. Lebih jelas, yuk kenalan dnegan Premium Store Qasir berikut ini!

1. Pengaturan Struk Tambahan

Apa itu pengaturan struk tambahan? Jika mengaktifkan fitur ini, kamu bisa menghemat struk kertas. Bagaimana tidak? Saat mencetak struk, kamu bisa mengedit tulisan untuk menghemat space pada kertas. Sebagai contoh, kamu bisa menghilangkan tulisan "Powered by Qasir", Nama Brand, Alamat Outlet, Nama Kasir hingga Nama Pelanggan.

2. Cetak Tiket Pesanan

Lalu, fitur Cetak Tiket Pesanan yang membantu memudahkan pekerjaan kamu.  Fitur ini digunakan untuk konfirmasi pesanan barang. Fitur Cetak Tiket Pesanan sangat dibutuhkan oleh usahawan food & beverage (F&B).  Cukup memanfaatkan Cetak Tiket Pesanan, kamu tidak perlu bolak-balik ke gudang atau dapur.Kamu juga tak perlu khawatir karena fitur ini juga menghemat kertas struk, lho!

3. Website Usaha

Siapa sih yang tidak mau memiliki Website Usaha sendiri? Fitur Website Usaha bisa kamu manfaatkan untuk mempromosikan produk yang kamu jual. Otomatis konsumen dapat melihat produk apa saja di toko kamu.

Kamu juga bisa menjangkau pasar lebih luas lagi. Fitur ini sekaligus menghubungkan penjual dengan pelanggannya. Pelanggan bisa memesan produk melalui website dan otomatis akan terhubung langsung dengan Whatsapp yang kamu daftarkan. Kamu tinggal menjawab dan memantau pesanan apa saja yang masuk.

5. Kelola Diskon

Saat kamu mengelola usaha, pasti akan akrab dengan yang namanya diskon atau promo. Dengan adanya diskon mampu menarik pelanggan untuk membeli produk kamu. Sekarang kamu bisa memanfaatkan fitur Kelola Diskon  pada aplikasi Qasir. 

Kamu tidak pusing lagi untuk mnegatur diskon secara otomatis. Mulai dari jadwal/periode diskon hingga laporan diskon. Kamu bisa lebih fokus membuat beberapa program diskon sekaligus pada setiap outlet.

6. Fitur Ringkas Struk

Apa itu fitur Ringkas Struk? Kamu bisa meringkas tampilan struk dengan melakukan pembelian Atur Struk Tambahan pada premium fitur ini. Kamu bisa menghemat kertas struk 35% dari sebelumnya, lho!

7.  Fitur Harga Grosir

Siapa yang tidak tertarik dengan harga grosiran? Melalui penjualan grosir biasanya harga lebih murah. Pas sekali untuk pelanggan yang melakukan pembelian banyak, tanpa perlu memasukan nama produk berkali-kali. Jadi, perhitungan stok barang pun tidak terganggu.

8. Fitur Uang Muka

Kadang sebagai usahawan banyak hal  yang perlu dipikirkan. Mulai dari masalah produk, penjualan, karyawan, hingga pelayanan. Agar tidak lupa dalam memantau transaksi keuangan. Fitur uang Muka Qasir hadir untuk mencatat uang muka atau uang yang baru dibayarkan sebagian pelanggan. Jadi, usahawan tidak repot dan khawatir lagi. Semua sudah tercatat jelas dan detail. Semua transaksi yang belum lunas sudah tercatat di sistem Qasir.

9. Fitur Nomor Antrian

Pernah bingung saat melayani pelanggan? Mana pesanan yang harus didahulukan? Semua tidak  terjadi bila menggunakan fitur Nomor Antrian. Mengapa? Fitur Nomor Antrian memudahkan kamu memunculkan nomor urut pesanan secara otomatis. Kamu pun jadi bisa mengelola pesanan dengan tenang, sesuai dengan nomor urut yang tertera pada struk.

10. Fitur Opsi Tambahan

Menu yang ada di tokomu bisa jadi lebih beragam jika kamu menambahkan Opsi Tambahan. Misalnya kamu jualan kopi susu gula aren, tinggal tambahkan menu tambahan seperti boba, grass jelly, atau extra shot di Opsi Tambahan kamu dengan harga yang bisa kamu atur per menu tambahan.

Sati opsi tambahan bisa diimplementasikan ke lebih dari satu produk! Kebayang kan gimana bervariasinya produk di tokomu?

11. Fitur Logo Usaha

Logo usaha adalah identitas. Kadang tanpa harus membaca mereknya, hanya dengan melihat logo, suatu usaha sudah bisa dikenali. Ibaratnya manusia, logo usaha adalah wajah. Kamu pasti ingin logo struk kamu ada di lembar struk kan? Mudah! Tinggal mengaktfkan fitur ini sekali saja. Iya, bayar sekali saja kamu bisa bebas gonta-ganti dan atur logo usaha pada struk kamu. 

12. Integrasi GrabFood

Ini adalah fitur tambahan hasil kerja sama Qasir dengan penyedia layanan pesan antar makanan yang sangat hitsm yaitu GrabFood. Kebanyakan dari kamu mungkin kerepotan membuka dua catatan keuangan dari penjulan reguler dan penjualan dari GrabFood. Tapi kini seua orderan yang datangnya dari GrabFood otomatis bisa tercatat di aplikasi Qasir kamu. Simpel kan? 

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang fitur premium Qasir silakan baca di sini.

Jadi tunggu apalagi? Download  aplikasi Qasir di Google Playstore. Kamu akan mendapatkan banyak manfaat. Proses cepat dengan aplikasi yang  mudah digunakan. Aplikasi Qasir memuat tampilan yang sederhana dan mudah dipahami oleh siapa pun termasuk pegawai baru kamu.  Yuk, mulai kelola  usaha secara  otomatis dengan Qasir! Salam CUAN!

Baca juga:

Share artikel ini