Studi Kasus

Pertama Kali Pakai Aplikasi POS Qasir? Baca Dulu yang Ini!

04 May 2021, Ditulis oleh Bentangku

Pertama Kali Pakai Aplikasi POS Qasir? Baca Dulu yang Ini!

Pelaku UMKM, sudahkah kamu menggunakan point of sales atau POS?

Beruntunglah kita hidup di zaman digitalisasi. Saat ini, banyak hal bisa diselesaikan menggunakan sentuhan jari. Salah satunya soal hitung menghitung penjualan. Kini, usahawan termasuk pelaku UMKM, dimudahkan dengan adanya aplikasi point of sales. Dulu, orang menyebutnya sebagai aplikasi kasir digital.

Warta Ekonomi menyebut, mulanya, POS adalah sebuah mesin kasir atau cash register, mesin semacam kalkulator yang dilengkapi ruang penyimpan uang dan pencetak bukti pembelian (struk). Namun, seiring dengan perkembangan teknologi, fungsi cash register berkembang karena usaha memerlukan detail pencatatan keuangan lain seperti laporan laba rugi dan stok barang.

Kenyataannya, sejumlah usahawan masih enggan menggunakannya dengan alasan tak ingin repot dan masih gagap teknologi alias gaptek. Ada pula yang menganggap usahanya masih terlalu kecil.

Padahal, POS ini memiliki fungsi penting dalam usaha lho, sekecil apapun skala bisnismu itu. Kenapa?

1. Menghemat waktu.

2. POS memungkinkanmu untuk mencatat seluruh keuangan secara otomatis dan terhubung dengan berbagai instrumen pendukungnya. Biasanya, POS sudah terintegrasi dengan sistem stok barang di gudang. Ini tentunya memudahkanmu untuk mengecek ketersediaan produk.

3. Segala bentuk perubahan data bisa kamu lakukan dengan cepat melalui aplikasi tersebut.

4. Aplikasi point of sales memberikan laporan transaksi di tempat usahamu secara langsung.

5. Kamu bisa mencetak struk transaksi juga lho.

6. POS mampu menaikkan value usahamu karena bisa menerima pembayaran tunai maupun nontunai.

7. Kamu tak lagi harus menghitung manual. Cukup gunakan jari jemarimu di aplikasi tersebut. Dia akan menghitung secara otomatis. Termasuk saat kamu memberikan diskon.

8. Selain itu, pencatatan data transaksi yang lengkap, membuatmu lebih mudah untuk dianalisis keuanganmu BossQ.

Lalu, bagaimana cara mengakses aplikasi point of sales?

Tenang, kini banyak start up yang menawarkan aplikasi ini, termasuk Qasir.

Qasir saat artikel ini dirilis telah diunduh sebanyak lebih dari 700 ribu pengguna. Pertumbuhan pengguna Qasir terbilang pesat meski bertumpu pada pengguna organik. Ini karena Qasir bisa digunakan secara gratis selamanya, bukan hanya sebulan dua bulan saja. Qasir juga sangat mudah digunakan dan cocok untuk usahawan pada fase apa pun dengan tipe bisnis apa pun. 

Dengan adanya. pandemi sejak tahun 2020 lalu, pengguna Qasir melonjak seiring dengan melonjaknya jumlah usahawan baru angkatan pandemi. Meski begitu, masih ada sejumlah masalah yang sering dihadapi oleh UMKM saat pertama kali menggunakan aplikasi point of sales. Apa saja itu?

1. Produk Terlalu Banyak

Solusinya, kamu bisa memasukkan produk-produkmu secara massal, langsung dengan excel.

Caranya?

Unggah daftar produkmu secara massal dengan menggunakan template excel yang Qasir sediakan di website. Di halaman utama Qasir, kamu klik saja pilihan “Daftar Sekarang”. Jika sudah memiliki akun, kamu tinggal login, lalu pilih menu “Produk”. Setelah itu, pilih “Katalog Produk” untuk melihat produk tokomu ataupun unggah jenis produk secara massal.

Nantinya kamu menemui tiga pilihan menu, yakni:

  • Menu Upload Produk. Menu ini dapat kamu gunakan untuk mengunggah atau input produk toko kamu secara masal alias sekaligus, tentunya tanpa repot.
  • Menu Export Produk. Menu ini bisa kamu gunakan jika ingin mengetahui secara rinci stok dan produk yang masih tersedia.
  • Tambah Produk. Menu tersebut berguna untuk kamu yang ingin input produk secara satu per satu. Jangan khawatir, ikuti saja langkah-langkah yang sudah disediakan.

Ketika sudah selesai dan lengkap, dalam beberapa menit, kamu akan mendapat nofifikasi melalui email, produk kamu sudah berhasil dimasukkan.

2. Belum Ada Produk di Katalog, Tapi Ingin Cetak Struk

Solusinya, gunakan fitur kalkulator di Qasir

Banyak yang mengeluh tak belum sempat memasukkan produknya ke POS lantaran sibuk. Hal ini bisa dimaklumi kok. Terlebih, bagi kamu usahawan yang belum memiliki karyawan. Pasti lah sangat sulit membagi waktu untuk melayani pelanggan dengan mengelola produk dan toko. Apalagi jika produk kamu banyak.

Tapi, tenang saja, melalui aplikasi Qasir, kamu bakal dimudahkan untuk mencatat transaksi, menghitung total belanja, dan untuk mencetak struk meski hanya punya waktu terbatas.

Caranya, gunakan fitur “Kalkulator” yang ada di Qasir.

Pertama, kamu masuk ke Beranda Qasir. Lalu klik pilihan “Mulai Jualan!” Nah, setelah itu, kamu bakal menemukan simbol kalkulator di kanan atas.

Usai klik simbol kalkulator, kamu akan mendapati

  • Tombol Laporan, yang dapat kamu gunakan untuk melihat histori atau sejarah transaksi.
  • Tombol Backspace, yang berguna untuk menghapus satu per satu nominal yang telah diinput layaknya di kalkulator manual.
  • Tombol Kali (x) yang fungsinya jelas untuk mengalikan nominal yang telah diinput.
  • Tombol Tambah (+), berguna untuk menambahkan nominal yang telah diinput ke halaman produk atau keranjang.
  • Tombol Jual, dapat kamu gunakan untuk meneruskan transaksi ke halaman pilih metode pembayaran.
  • Ada pula Keterangan Produk, yang menunjukkan jumlah produk yang telah ditambahkan.

Setelah selesai menghitung, kamu bisa melakukan pengecekan ulang hitungan tadi di halaman “Produk” dengan cara menggesernya ke atas. Jika sudah yakin, klik “Jual”.

3. Bingung Cara Menyambungkan Aplikasi ke Printer Struk

Solusinya? Kamu dapat menghubungkan aplikasi Qasir dengan printer bluetooth yang kamu miliki untuk mencetak struk lho. Tentunya setelah berhasil melakukan transaksi.

Caranya, gampang.

Berikut ini cara untuk menghubungkan aplikasi Qasir dengan printer bluetooth milikmu:

1. Akses fitur printer dengan masuk ke menu “Pengaturan”.

2. Setelah klik “Pengaturan”, kamu dapat mengklik kolom “Printer” yang terdapat pada menu perangkat tambahan

3. Sebaiknya, kamu mengaktifkan bluetooth melalui aplikasi ya BossQ.

4. Setelah kamu mengaktifkan bluetooth, pilih “Tambah Printer”. Lalu akan muncul pilihan “WIFI/LAN” dan “Bluetooth”. Pilih “Bluetooth”.

5. Kamu akan diarahkan ke tampilan pencarian perangkat “Printer Bluetoot” setelahnya.

6. Dari daftar “Printer Bluetooth”, pilih printer bluetooth yang akan kamu hubungkan dengan aplikasi Qasir.

7. Sudah dipilih? Nah, sekarang masukkan PIN untuk mengaktifkan printer bluetooth sesuai dengan panduannya. Biasanya PIN tersedia 0000 atau 1234.

8. Setelah sukses, akan muncul tulisan “Perangkat Terhubung”

9. Sebelum cetak struk transaksi, kamu dapat coba lakukan test cetak terlebih dahulu ya.

10. Ketika sudah berhasil, kamu dapat langsung cetak struk transaksi.

Tak kalah penting, kamu juga bisa menambahkan printer thermal bluetooth pada perangkat handphone atau tablet lho. Cara menyambungkannya, sama seperti langkah di atas.

Jika printer tidak bisa terhubung, lakukan koneksi ulang dengan nonaktifkan bluetooth dari aplikasi serta nonaktifkan tombol printer. Kemudian sambungkan ulang printer thermal bluetooth.

Mudah bukan?

Apakah kamu masih punya pertanyaan lain seputar penggunaan POS Qasir, BossQ? Jika iya, kamu bisa tanya ke Live Chat menu di Bantuan Qasir. Kamu juga bisa ikut eduQasir lho untuk mendapatkan pengetahuan tentang cara menggunakan semua fitur Qasir. 

Baca juga:

 

Share artikel ini