Inspirasi

Rahasia Sukses 8 Pengusaha Dunia yang Bisa Kamu Tiru

22 Apr 2021, Ditulis oleh Bentangku

Rahasia Sukses 8 Pengusaha Dunia yang Bisa Kamu Tiru

Siapa sih yang tak ingin menjadi usahawan sukses? Tidak perlu lagi berada di bawah perintah bos, waktu pun menjadi fleksibel, dan bisa menentukan kecepatan bekerja sendiri. Tapi untuk menjadi usahawan sukses tak semudah membalikkan telapak tangan. Ada ketekunan, kegigihan dan kerja keras di baliknya.

Meski demikian, minat masyarakat, terutama anak muda untuk berwirausaha terus meningkat. Pada 2018 saja, berdasarkan survei perusahaan rintisan atau startup asal Singapura, Sea, mayoritas responden mengaku ingin menjadi pengusaha ketimbang pegawai negeri sipil (PNS).

Hasil survei itu, seperti dilansir Kumparan, 24,4 persen dari 8.591 anak muda yang menjadi respondennya ingin bekerja sebagai wirausaha. Sementara ada 17,1 persen yang ingin menjadi PNS.

Ini sejalan dengan cita-cita pemerintah, Kementerian Perindustrian berharap jumlah pengusaha di Indonesia terus bertambah. Pada Februari 2020, jumlah usahawan di Tanah Air baru sekitar tiga persen dari total penduduk. Targetnya, jumlah pengusaha naik jadi empat persen pada 2030.

Kini, seiring dengan kemajuan teknologi dan hantaman pandemi Covid-19, jumlah pengusaha di Tanah Air disebut-sebut naik.

Nah, apakah kamu termasuk kelompok yang ingin menjadi pengusaha sukses BossQ?

Jika jawabannya “iya”, tengok dulu 10 rahasia jadi pengusaha sukses yang dilansir Qasir dari Okezone dan berbagai sumber, yakni:

1. Selalu Berpikir Ingin Sukses

Seorang pengusaha harus mempunyai mimpi yang besar untuk menjadi sukses. Juga harus punya keinginan kuat untuk mewujudkannya.

Bangun usahamu dengan kecintaan, sehingga mampu memompa semangat meraih mimpimu.

2. Punya Tujuan Jelas

3. Fokuskan pada Kekuatan

Setiap orang pasti mempunyai kelebihan dan kelemahan masing-masing. Namun, untuk sukses, fokuslah ke kelebihanmu.

4. Bekerja Keras

Di balik kesuksesan selalu ada kerja keras dan kesungguhan.

5. Kemauan untuk Terus Belajar

Untuk sukses dalam bisnis, tak harus mempunyai gelar yang banyak. Namun, kemauan untuk terus belajar adalah modal paling penting. Apalagi perkembangan zaman dan tren sangat cepat.

6. Disiplin

Disiplin merupakan kunci untuk menuju sebuah kesuksesan.

7. Perluas Jaringan Kerja

Dalam bisnis, bantuan itu perlu. Oleh karena itu, pebisnis dituntut bisa memperluas jaringannya.

8. Tujuan Jelas dan Patuh Terhadap Perencanaan

Pengusaha sukses pasti mempunyai tujuan atau visi dan misi yang jelas. Jabarkan dalam perencanaan. Ini bertujuan untuk menjaga fokus.

9. Daya Tahan yang Kuat

Ketika membangun usaha, tak jarang seseorang akan menemui hambatan. Bahkan, kegagalan. Namun, untuk menjadi pengusaha sukses, kamu harus bangkit dari kegagalan itu.

10. Belajar dari Kegagalan

Jangan sampai terjerumus dalam lubang yang sama. Ambil pelajaran dari kegagalanmu.

Hal ini pula yang dipraktikkan oleh sejumlah pengusaha sukses di dunia, mulai dari Bill Gates hingga Mark Zuckerberg. Tak percaya? Simak satu per satu kisah sukses mereka, seperti dirangkum Qasir.

1. Bill Gates

Bill Gates adalah salah satu nama yang paling dikenal di dunia kewirausahaan dan teknologi. Melansir dari enterpreneur.com, sebagai pendiri Microsoft, dia telah mengembangkan kekayaannya selama beberapa dekade terakhir, membuatnya menjadi  salah satu orang terkaya di dunia.

Kompas.com melansir, Bill Gates dinobatkan sebagai miliarder termuda di usia 31 tahun pada masanya, meski tak lulus kuliah.

Rahasia sukses Bill Gates adalah pintar mencari celah atau peluang, juga menganalisis situasi apa pun dari setiap sudut yang mungkin terjadi. Setelah itu, harus yakin dengan keputusan yang diambil, jangan goyah.

Menurut dia, jika ragu akan menganggu jalannya usaha. Tidak hanya terkait eksekusi keputusan, tapi juga motivasi diri menjadi runtuh. Terlebih dalam membuat satu keputusan, harus berpegang teguh dan menjalaninya sampai situasi berubah secara drastis.

2. Jeff Bezos

Jeff Bezos juga masuk dalam daftar pria terkaya di dunia. Pendiri Amazon menjadi pria termuda dalam daftar ini. Dia mendirikan Amazon lebih dari dua dekade yang lalu, dan sekarang adalah salah satu perusahaan paling berharga dan paling sukses di dunia.

Nasihat kritis Bezos kepada siapa pun yang memulai bisnis adalah menjadi misionaris (seseorang yang mencintai dan membangun pelanggan dan produk atau layanan mereka dari hati). Bukan sebagai tentara bayaran (seseorang yang terobsesi dengan menjual perusahaan mereka).

Dalam jangka panjang, dia percaya, misionaris selalu mengalahkan tentara bayaran dalam membangun perusahaan yang sukses. Jadi singkatnya, pastikan kamu mencintai pelanggan dan bisnis kamu. Juga kamu siap untuk membangunnya.

3. Warren Buffet

Warren Buffet, salah satu investor paling terkenal di dunia saat ini. Dia membangun banyak bisnis, dari mesin penjual otomatis hingga sofa. Dia juga memiliki banyak perusahaan besar, seperti Berkshire Hathaway.

Nasihatnya untuk pengusaha baru yaitu bersenang-senang di tengah kesibukan. Dia terkenal dengan kutipannya, "Aku menari untuk bekerja setiap hari."

Pesan utamanya di sini adalah menikmati apa yang kamu lakukan, juga tekad yang kuat. Baginya, ini adalah salah satu faktor utama untuk menjadi sukses dalam bisnis apa pun.

4. Amancio Ortega

Dikenal karena menjadi pendiri dan pemilik Zara. Dia juga masuk sebagai salah satu miliarder paling tertutup di dunia.

 Saran yang dia berikan kepada wirausahawan baru yang ingin membangun kerajaan, "Kecepatan adalah segalanya."

Kemampuan untuk mengeksekusi lebih cepat daripada pesaingnya. Juga mempercepat proses bisnis adalah ciri khas keberhasilan Amancio Ortega.

5. Mark Zuckerberg

Pendiri Facebook juga masuk dalam wirausahawan termuda dan kemungkinan salah satu yang paling mengesankan.

Dia berhasil membangun usaha dari nol menjadi sangat sukses hanya dalam jangka waktu kurang dari 13 tahun. Kini, Facebook menjadi perusahaan teknologi paling masif di dunia, platform media sosial yang paling banyak digunakan.

Nasihatnya untuk pendiri yang memulai bisnis baru adalah mencoba memecahkan masalah. Juga tetap semangat, dan jangan gampang menyerah.

6. Carlos Slim

Tycoon telekomunikasi asal Meksiko ini menjadi orang terkaya di Amerika Tengah. Dia juga memiliki perusahaan penting dalam transportasi, real estate, manufaktur, dan banyak lagi. Dia juga dikenal sebagai pebisnis yang paling beragam.

Menurut dia, kesuksesannya disebabkan karena manajemen. Hal yang penting untuk pemilik bisnis baru selalu untuk memastikan punya "struktur organisasi sederhana."

Kamu juga harus bertindak dengan cepat. Selain itu, manfaatkan peluang yang tidak diambil oleh perusahaan lain. Namun tetap dengan catatan, kamu harus memastikan merekrut orang yang tepat di setiap bagian kerja.

7. Larry Ellison

Larry Ellison dikenal sebagai salah satu salesman perangkat lunak terbaik dunia. Dia dikenal sukses membangun kerajaannya yang luas di dunia teknologi, sebagai salah satu pendiri raksasa teknologi Oracle.

Salah satu kutipannya yang paling terkenal adalah, "Orang-orang yang berprestasi besar mendapatkan dorongan kuat, bukan dari mengejar kesuksesan tetapi ketakutan akan kegagalan."

Menurut dia, seorang pengusaha harus memiliki pola pikir yang benar untuk mencapai kesuksesan. Biarkan rasa takut akan kegagalan, membuatmu melampaui batas.

8. Michael Bloomberg

Michael Bloomberg adalah orang paling terkenal di dunia media. Selain pebisnis, dia pernah menjabat sebagai Wali Kota New York pada 2003-2012. Bahkan, sempat menjadi calon Presiden Amerika Serikat 2020.

Bisnis yang dibangunnya dikenal di seluruh dunia sebagai salah satu penyedia utama perangkat lunak dan perangkat keras untuk bursa saham. Selain itu, Bloomberg menjadi pedagang saham di seluruh dunia, serta platform media terbesar di dunia.

Nasihatnya untuk pemilik usaha adalah kerja keras. Ini adalah pesan paling sederhana dari pebisnis ternama. Tapi mungkin merupakan saran terbaik untukmu yang baru memulai usaha.

Menurut dia, kerja keras dan ketekunan hal paling penting dalam membangun bisnis. Jika gagal, jangan menyerah. Tetap kerja keras untuk menjadi pengusaha sukses.

Baca juga:

 

Share artikel ini